Pluit kapuk > Laporan Utama

Rawan Patah, Desain Tutup Box Utilitas Dirubah

Jumat, 12 Januari 2018 17:51 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Adi Wijaya

Box Utilitas dirubah
Box Utilitas dirubah
Foto : Adi Wijaya

Share this








Tutup box ulitilas yang berada di Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara dirubah desain agar lebih kuat dalam menahan beban kendaraan hingga 50 ton.

PADEMANGAN - Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara mendesain tutup box utilitas yang digunakan di Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara. Menyusul, buruknya penutup box utilitas lantaran tak kuat menahan beban kendaraan berat yang melintas di ruas jalan tersebut.

Kepala Suku Dinas Bina Marga Yunaldi menerangkan, penutup box ulititas berukuran 160x60 sentimeter itu dirancangnya untuk mampu menahan beban hingga 50 ton. Dari total 32 box utilitas, maka akan dibuat sebanyak 96 penutup box.

"Satu box utilitas membutuhkan tiga penutup," kata Yunaldi saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (12/8/2018).

Dijelaskannya, penutup box utilitas menggunakan desain besi cor. Menggunakan bingkai besi siku berukuran tujuh sentimeter dan tebal lima milimeter. Di dalam coran, akan dipasang anyaman besi ulir berukuran 16 milimeter sebanyak dua lapis.\

"Secara logika, desain ini kuat untuk dilintasi kendaraan berat," jelasnya.