Pluit kapuk > Laporan Utama

PIK Rentan Basis Tindak Pidana

Jumat, 17 Maret 2017 16:27 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Ilustrasi Pantaik Indah Kapuk (PIK)
Ilustrasi Pantaik Indah Kapuk (PIK)
Foto : istimewa

Share this








Penangkapan 40 WNA asal Taiwan di PIK pada 9 Maret 2017, membuat kawasan elit ini patut lebih ditingkatkan keamanannya.

PENJARINGAN – Kawasan perumahan elit Pantai Indah Kapuk (PIK) sangat rentan dimanfaatkan untuk kejahatan kelas tinggi. Pasalnya, sepekan lalu Polda Metro Jaya membekuk 40 WNA asal Taiwan di Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara atas kasus penipuan berskala internasional melalui jalur online dan telepon.

Menurut pengamat politik Muslim Arbi, pemerintah harus mewaspadai perumahan elit Pantai Indah Kapuk (PIK), yang banyak dihuni warga keturunan, rentan jadi basis tindak pidana. Penangkapan 40 WNA asal Taiwan di wilayah tersebut menjadi bukti ada kelompok tertentu untuk memanfaatkan daerah yang mempunyai akses ke laut lepas itu.

“Saya hanya ingin mengingatkan kejahatan itu ada di mana saja, ketika kawasan elit maka kejahatannya makin tinggi. Kalau kawasan biasa kejahatannya hanya maling ayam saja,” jelas Muslim.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya pada 9 Maret 2017 berhasil membekuk 40 Warga Negara Asing (WNA) asal Taiwan di sebuah rumah di Jalan Manyar 4 Blok T8, No. 15, Komplek Manyar Permai, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Penangkapan para pelaku lantaran disinyalir melakukan penipuan berskala internasional. Aksi dilakukan melalui jalur online dan telepon. Pejabat di Taiwan turut jadi korban.

Baca juga : Musrenbang Jakut Prioritaskan ke Antisipasi Banjir