Pluit kapuk > Laporan Utama

Pengerukan Kali Gendong di Penjaringan Tersendat Bangunan Liar

Kamis, 16 Maret 2017 15:47 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Pengerukan Kali
Pengerukan Kali
Foto : istimewa

Share this








Antisipasi banjir di Ibu Kota terus dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, salah satunya pengerukan endapan sungai di Kali Gendong, Jakarta Utara.

PENJARINGAN – Kelakuan warga tidak sadar akan kebersihan membuat aliran Kali Gendong di Kawasan RT 19/17, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, hingga saat ini masih mampet. Tersumbatnya aliran sungai tersebut disebabkan oleh sampah dan sedimen lumpur yang menggunung di badan kali.

Saat ini, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta sedang melakukan pengerukan kotoran-kotoran dan lumpur yang berada di Kali Gendong. Namun, proses pengangkatan sampah tersebut tidak optimal lantaran terhalang bangunan liar yang dihuni para warga setempat.

Terlihat, pengerukan sampah dan sedimen lumpur itu menjadi Alat berat diketahui sulit memasuki aliran Kali Gendong di wilayah RT 19/17 tersebut. Aliran di Kali Gendong di wilayah itu pun menyempit karena tumpukan sampah.

"Ya susah mau mengeruk sampah yang ada di sana. Karena kalau dilihat, aliran Kali Gendong semakin menyempit karena masih ada rumah-rumah warga. Kalau sampah disana dilakukan pengerukkan, ambruk dong rumah warganya. Bahaya pak. Soalnya, bagian bawah rumahnya warga itu kan hanya ditahan dengan sejumlah tiang penyangga. Kalau dikeruk, 'Bruk' longsor yang ada pak," jelas pengemudi alat pengeruk di Kali Gendong yang enggan menyebut nama dan identitasnya, Jakarta Utara, Kamis (16/3/2017).

Baca juga : Musrenbang Jakut Prioritaskan Kesiapan Antisipasi Banjir

Di lokasi, terpantau di sebuah jalan kecil di wilayah RT 19/17 Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara, ratusan bangli masih berdiri di bibir Kali Gendong. Bangunan semi permanen yang menyerupai bentuk rumah panggung tersebut telihat kumuh.  warga sekitar berbentuk bangunan rumah panggung ini terlihat kumuh.