Senin, 14 Mei 2018 18:53:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Adi Wijaya
Pengamat Burhanuddin: Gus Romy Potensial Jadi Cawapres Jokowi
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.
Foto : Adi Wijaya
 

PADEMANGAN – Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi menilai sosok Ketua Umum PPP Romahurmuziy dirasa pas menjadi pasangan Jokowi dalam pertarungan Pemilihan Presiden 2018. Pria dengan sapaan Gus Romy itu dinilai memiliki keunggulan dalam mengentaskan isu politik identitas yang saat ini sedang dihadapi Jokowi.

"Belum lagi kenyataan bahwa Gus Romy relatif muda, jumlah pemilih millenial juga besar tetapi lagi-lagi analisis kualitatif tidak semata-mata menjawab siapa yang akan diputuskan Jokowi sebagai cawapres," kata Burhanuddin, saat ditemui di Hotel Mercure Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (14/5/2018).

Di satu sisi, ucap Burhanuddin, Jokowi tengah dihadang pekerjaan rumah untuk memuaskan partai pendukung. Tak hanya PPP, elit partai pendukung lainnya pun memiliki banyak kepentingan agar berpeluang dipinang menjadi cawapres.

"Kita tahu mas Romy sebagai Ketua Umum PPP mempunyai keunggulan pada politik identitas. Karena PPP bisa memberi semacam legitimasi Islam kepada Jokowi dari sisi muda, kaitannya dengan pemilih muda jumlahnya cukup besar," jelasnya.

Pria yang menjabat Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia itu pun memandang Gus Romy memiliki keunggulan lain, yakni adanya kesamaan visi dengan Jokowi.

Meski begitu, jika keputusan Gus Romy menjadi Cawapres Jokowi tentu diprediksi menimbulkan pro-kontra antar partai pendukung.

"Itu tidak ada masalah, isunya itu kenyamanan politik, isu islamik kredensial isu Pak Jokowi membutuhkan sosok yang bisa menguatkan isu politik identitas itu ada pada Romy," tutupnya.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda