Pluit kapuk > Laporan Utama

Pemkot Jakut Gelar Rakor Bahas Kemacetan Ibukota

Kamis, 12 Oktober 2017 11:15 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Farid Hidayat

Ilustrasi kemacetan Ibukota. (Ist)
Ilustrasi kemacetan Ibukota. (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Permasalahan kemacetan yang di dibahas dalam rakor tersebut berada di Jalan Yos Sudarso (depan Kantor Polres Metro Jakut) dan pintu keluar Tol Jembatan Tig

PLUIT KAPUK - Kemacetan masih menjadi menjadi permasalahan utama Ibukota. Tak terkecuali di wilayah Jakarta Utara yang menjadi akses keluar masuk kendaraan jenis container yang membawa muatan barang-barang ekspor impor menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

Akibatnya, terjadi antrian kendaraan yang menyebabkan kemacetan di sejumlah titik di jalan bebas hambatan (tol).

"Situasi ini  jangan dibiarkan terus menerus dan harus segera dicarikan solusi untuk mengatasi kemacetan di sejumlah titik," tegas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara Suroto, saat memimpin rapat koordinasi membahas kemacetan lalu lintas di Ruang VIP, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu (11/10).

Permasalahan kemacetan yang di dibahas dalam rakor tersebut berada di Jalan Yos Sudarso (depan Kantor Polres Metro Jakut) dan pintu keluar Tol Jembatan Tiga.

Penyebab kemacetan di depan Kantor Polres Metro Jakut lantaran akses masuk pintu tol hanya 1 jalur dan berdekatan dengan U-Turn. Akibatnya, banyak kendaraan dari selatan memutar di U-Turn memotong lajur masuk tol menuju Jl. Yos Sudarso maupun Jl. Melur (sebelah Kantor Polres Metro Jakut).

Kemudian adanya jalur busway yang dibatasi baby MCM mengurangi kapasitas jalan kendaraan umum dan sering terjadi antrian kendaraan trailer yang akan masuk ke gudang container di Jl. Yos Sudarso sehingga mengakibatkan kemacetan hingga depan Polres Metro Jakut.

Sementara itu, penyebab kemacetan di depan pintu keluar Tol Jembatan Tiga terjadi karena pintu keluar tol berdekatan dengan traffic light persimpangan Jembatan Tiga.

Volume kendaraan yang keluar dari pintu tol Jembatan Tiga maupun dari arah persimpangan Emporium yang menuju persimpangan Jembatan Tiga cukup tinggi. 

"Adanya crossing dari keluaran tol menuju fly over Jembatan Dua dari arah persimpangan Emporium juga sebagai penyebab kemacetan di Jembatan Tiga," tambah Kasudin Perhubungan dan Transportasi Jakarta Utara Benhard Hutajulu.

Usai melakukan rakor, jajaran petugas gabungan langsung turun ke lapangan memantau sejumlah titik yang rawan terjadinya kemacetan.