Pluit kapuk > Laporan Utama

Pembenahan Kawasan Muara Angke Segera Dilakukan

Rabu, 11 Januari 2017 09:00 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Wahyu Muntinanto

Soni Sumarsono
Plt Gubernur DKI Sumarsono
Foto : istimewa

Share this








Pembenahan kawasan Muara Angke dilakukan oleh Pemprov DKI bersama Kementerian Perhubungan.

PENJARINGAN – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono berencana memperbaiki akses menuju Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara dan menata pemukiman kumuh yang berada di dalamnya. Juga, membangun tempat kuliner.

“Kemungkinan, pintu masuk ditinggiin dan lainnya. Lalu, penataan kampung kumuh, dan mendirikan pusat kuliner sehingga Pelabuhan Kali Adem menjadi tempat rekreatif,” tutur Soni, sapaan akrab Sumarsono usai meresmikan Kapal Motor (KM) Express Bahari 3B memuat 208 penumpang di Dermaga Kade Baru, Pelabuhan Sunda‎ Kelapa, Selasa (10/1/2017).

Adapun soal pembenahan kawasan Muara Angke secara keseluruhan, lanjut Soni, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan. “Nanti, namanya pembenahan kawasan. Jadi, manajemen Pelabuhan Kali Adem dibenahi, sarana dan prasarana juga akan dibenahi,” ucapnya.

Namun, tantangannya, bagaimana membangun pelayaran yang berkonsep tradisional. "Tidak ada maksud Pemrov DKI untuk menggusur. Namun, bagaimana cara merangkul nelayan tradisional untuk sama-sama membenahi Kali adem. Sehingga, dapat memberikan manfaat besar untuk mereka, buat penumpang, dan warga sekitar," pungkasnya.