Jumat, 08 Juni 2018 17:46:00
Editor : Galih Pratama | Reporter : Adi Wijaya
Pasca Disegel, Ratusan Bangunan Siap Huni di Pulau D Terbengkalai
Bangunan rumah di Pulau D yang terbengkalai setelah disegel Pemprov DKI Jakarta.
Foto : istimewa
 

PENJARINGAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menyegel ratusan bangunan di Pulau D Reklamasi, Penjaringan, Jakarta Utara. Padahal, bangunan tersebut nampak siap huni.

Pantauan Infonitas.com, tertulis nama perumahan 'Orchestra' di gerbang Pulau D. Total sebanyak 943 bangunan bergaya modern yang juga ditanami tumbuhan hias di depannya.

Tak hanya rumah, lokasi itu pun dibangun sejumlah ruko komersial sebagai central bisnis baru di Utara Jakarta. Waduk buatan pun turut menghiasi perumahan yang berfungsi sebagai resapan air serta wisata rekreasi keluarga.

Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Kota dan Pertanahan Jakarta Utara Kusnadi mengatakan, penyegelan bangunan merupakan tindaklanjut indispliner pengembang, Agung Podomoro Land (APL) lantaran tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bukan kali ini saja, proses penyegelan bangunan diklaimnya telah dilakukan sejak 2014 silam.

"Dari 2014 pertama, terus dilanjutkan lagi 2016. Ya, memang karena belum ada izinnya, tanpa IMB (Izin Mendirikan Bangunan)," kata Kusnadi, Jumat (8/6/2018).

Pengakuannya, teguran telah dilayangkan sebelum proses penyegelan bangunan. Namun, teguran tak diindahkan hingga akhirnya proses penyegelan dilakukan.

"Sebelum penyegelan, kami telah memberikan imbauan atau teguran kepada pengembang, tapi hal itu tidak diabaikan," tutupnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda