Pluit kapuk > Laporan Utama

Menyusuri Salah Satu Destinasi Wisata di Pesisir Utara Jakarta

Senin, 11 September 2017 20:30 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Farid Hidayat

Konservasi Suaka Margasatwa Muara Angke
Konservasi Suaka Margasatwa Muara Angke
Foto : Farid Hidayat

Share this








Warga Ibu Kota sebaiknya menjajal destinasi wisata pesisir Utara Jakarta, Konservasi Suaka Margasatwa Muara Angke menjadi tujuan pelesiran akhir pekan.

PENJARINGAN – Ibu Kota memiliki aneka destinasi wisata, salah satunya berada di pesisir Utara Jakarta. Konservasi Suaka Margasatwa Muara Angke yang berlokasi di Jalan Pantai Indah Kapuk II, Jakarta Utara, merupakan tempat asli beraneka ragam hewan seperti monyet ekor panjang, burung bubut Jawa dan jalak putih.

Terletak di tengah pemukiman kawasan elite, tempat wisata ini patut untuk menjadi tujuan pelesiran bagi pecinta binatang. Di sini, monyet ekor panjang, burung bubut Jawa dan Jalak Putih dibiarkan berkeliaran dan bebas.

"Beda dengan di Ragunan disini semua liar gak ada yang dipelihara," terang Arifin staf penjaga Suaka Margasatwa kepada Infonitas.com Senin (11/17/2017).

Kerap kali, puluhan monyet ekor panjang keluar hingga pinggir jalan Pantai Indah Kapuk II untuk mencari makan. Tak jarang, warga yang melintas di area ini sering memberikan makan kepada hewan tersebut.

"Karena masih liar, pengunjung diimbau hati-hati dengan hewan yang ada di sini. monyet di sini masih liar sehingga pengunjung diimbau tidak mengganggu hewan lincah tersebut. Kita juga sudah kasih plang himbauan," ujarnya.

Selain itu, burang kutilang, bubut Jawa dan jalak putih yang merupakan habitat asli di hutan mangrove ini terpelihara dengan baik. "Hewan yang ada di sini paling banyak monyet ekor panjang dan burung kicau. Ada banyak jenis kutilang, jalak kerbau, jalak putih dan bubut Jawa. Di sini kita biarkan seperti di habitat asli," ucapnya.