Pluit kapuk > Laporan Utama

Mensos Idrus Marham: Pekerja Sosial di Jakarta Bakal Ditambah

Rabu, 02 Mei 2018 21:00 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Adi Wijaya

Mensos Idrus Marham
Menteri Sosial Republik Indonesia Idrus Marham (baju putih).
Foto : Adi Wijaya

Share this








Mensos Idrus Marham merencanakan menambah tenaga pekerja sosial dalam waktu dekat. Tujuannya, mengurangi angka kemiskinan penduduk DKI Jakarta.

PADEMANGAN - Kementerian Sosial merencanakan menambah tenaga pekerja sosial dalam waktu dekat untuk mengurangi angka kemiskinan penduduk DKI Jakarta.

Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan penambahan tenaga sosial merupakan bentuk peningkatan kinerja pekerja sosial. Ada sekitar 160 lowongan kerja baru akan tersedia dalam waktu dekat.

"Melalui pekerja ini, saya harapkan ada pengurangan angka kemiskinan. Seperti tahun 2017 yang turun dari 7 juta di Indonesia menjadi 2 juta," kata Idrus, saat ditemui usai menghadiri pembukaan Gebyar Kinerja Satuan Bakti Pekerja Sosial di Hotel Mercure, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (2/5/2018).

Dijelaskannya, pekerja sosial itu nantinya fokus pada beberapa kasus, mulai dari kekerasan seksual anak, anak jalanan, anak terlantar, dan permasalahan sosial lainnya.

Tak hanya penambahan tenaga kerja, pihaknya pun memberikan tunjangan lebih agar kinerja mengalami peningkatan.

"Ini kita tambah agar mereka bekerja lebih keras lagi. Mereka ujung tombak permasalahan sosial," jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Rehabitasi Sosial Kemensos, Edi Suharto menegaskan, kendatipun akan ada tambahan 160 pekerja sosial, namun jumlah itu diakuinya kurang ideal.

Pihaknya akan mengajak Pemerintah Daerah DKI Jakarta membantu Kemensos dalam mengurangi kekosongan pekerja sosial tersebut.

"Kita tingkatkan gajinya menjadi 3 - 4 juta setiap pekerja," tutup Edi.