Pluit kapuk > Laporan Utama

Majikan Kena Tipu Supir Pribadi

Kamis, 15 Februari 2018 21:04 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Adi Wijaya

penipuan
Pelaku penipuan kendaraan di Pluit tertangkap.
Foto : Adi Wijaya

Share this








Julia Tjang kena tipu supir pribadinya. Mobil CRV berhasil dibawa kabur.

PENJARINGAN - MR alias DM alias YUS diciduk aparat Kepolisian Sektor Metro Penjaringan. Bukan tanpa sebab, penangkapan pria asal Ngawi, Jawa Timur itu terlibat dalam kasus penggelapan kendaraan roda empat dengan modus supir pribadi.

Kapolsek Metro Penjaringan, Ajun Komisaris Besar Polisi Rachmat Sumekar mengatakan, penangkapan tersangka berdasarkan laporan korban, Julia Tjang. Tersangka telah membawa kabur mobil CRV bernopol AA 7528 FB milik anaknya, saat diantarkan tersangka menuju pengobatan akupuntur di Jalan Jembatan II Raya, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (30/1/2018).

"Usai korban selesai pengobatan, ternyata tersangka sudah tak di lokasi parkir," kata Rachmat saat ditemui di Mapolsek Metro Penjaringan, Kamis (15/2/2018).

Korban terlacak keberadaannya saat berada dalam rumah kontrakan di kawasan Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (15/2/2018). Pengakuan tersangka, kendaraan milik korban yang merupakan warga Sawah Besar, Jakarta Pusat itu telah dibawa ke kampung halamannya untuk disewakan.

"Mobil korban disewakan ke rekannya berinisial MS di kampung halamannya," jelasnya.

Di kampung halaman itulah, MS mengaku telah menyewakan mobil hasil penggelapan tersangka sebanyak enam unit. Empat mobil ditemukan di Ngawi, Jawa Timur dan dua mobil di Palembang, Sumatera Selatan.

"Tersangka mengaku hanya memiliki keahlian sebagai supir. Namun keahlian itu digunakan untuk kejahatan dengan mengelabui mobil korban," ujarnya.

Kini, tersangka telah mendekam di sel tahanan Mapolsek Penjaringan untuk menunggu proses pengadilan. Korban dijerat dengan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan, dengan ancaman hukuman maksimal selama empat tahun penjara.