Pluit kapuk > Laporan Utama

Komitmen Sandiaga Uno Kurangi Pengangguran di Ibu Kota

Rabu, 11 Januari 2017 09:50 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Wahyu Muntinanto

Sandiaga Uno-Pilkada DKI
Sandiaga Uno-Pilkada DKI

Share this





Usaha besar harus bisa menjadi lokomotif agar usaha kecil juga merasakan dampak dari penyediaan lapangan pekerjaan.

PADEMANGAN – Bila terpilih, pasangan calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta Anies-Sandi berkomitmen akan fokus meningkatkan kesejahteraan warga. Caranya, melalui program One Kecamatan, One Center for Enterpreneurship (OK OCE).

Ini dilakukan agar tidak ada kecemburuan sosial dan kecemburuan ekonomi akibat lapangan pekerjaan yang semakin sedikit. Sandiaga Uno (Sandi) menjelaskan, program OK OCE nantinya akan menjadi landasan.

Dia ingin usaha besar menjadi lokomotif agar usaha kecil juga bisa merasakan dampak dari penyediaan lapangan pekerjaan."Jado, program ini bisa mensinergikan antara para pemilik modal maupun para pemilik UMKM," ujarnya saat bertemu warga di kawasan Budi Mulia RT 014/08, Pademangan Barat, Jakarta Utara, Selasa siang (10/1).
 

 







Pluit kapuk > Laporan Utama

Timses Anies-Sandi Ikut Awasi Rekapitulasi Suara di Jakut

Jumat, 17 Februari 2017 12:39 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Muhammad Azzam

 Ilustrasi Anies-Sandi
Ilustrasi Anies-Sandi

Share this





Menghindari tindak kecurangan yang dilakukan oknum penyelenggara Pilkada DKI Jakarta, Timses Anies-Sandi keliling kecamatan awasi rekapitulasi suara,

PENJARINGAN – Tim Sukses (Timses) Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno ikut mengawasi rekapitulasi suara di Jakarta Utara. Hal ini untuk antisipasi adanya tindak kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

"Kalau rekapitulasi tingkat kecamatan tidak sama dengan formulir C1, patut diduga ada kecurangan," kata Seketaris Tim Pemenangan Paslon Anies-Sandi, Naca Supriatna, Jumat (17/2/2017).

Naca mengatakan, saat rekapitulasi kecamatan, pihaknya fokus pada TPS di komplek. Dan juga daftar tambahan pemilih. Ia juga menjelaskan saat pencoblosan ada beberapa hal yang menjadi perhatian pihaknya.

"Misalnya, ada pemilih yang TPS nya jauh dari tempat tinggalnya. Atau beda RW. Itu ada di Penjaringan. Di depan rumahnya ada TPS, cuman milihnya malah di TPS yang jauh," ujar Naca.

Namun, Ia menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh relawan yang bekerja luar biasa untuk perubahan di Jakarta."Kita juga ucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang telah memilih Anies-Sandi. Suara yang telah diberikan warga Jakarta akan Insya akan dikawal sampai perhitungan akhir di KPU,"tutupnya.







Pluit kapuk > Laporan Utama

Anies – Sandi Menang Telak di Lokasi Gusuran Pasar Ikan

Rabu, 15 Februari 2017 15:47 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Muhammad Azzam

TPS 017, Pasar Ikan, anies sandi, pasar ikan, gusuran pasar ikan
TPS 017, Pasar Ikan, anies sandi, pasar ikan, gusuran pasar ikan

Share this





Dari total sebanyak 320 surat yang masuk, pasangan Anies-Sandi mendapat 249 suara.

PENJARINGAN – Penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 017, Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (15/2/2017) siang telah rampung. Hasilnya pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno menang telak di TPS yang mayoritas warga korban gusuran ini.

Dari total sebanyak 320 surat yang masuk, pasangan Anies-Sandi mendapat 249 suara. Pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat menyusul dibawahnya. Paslon petahana ini mendapat 54 suara. Pos paling terbawah ditempati paslon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang hanya mengantongi 16 suara.

"Sisanya ada satu suara tidak sah. Karena semuanya dicoblos," ujar Ichwan, Ketua Panitia Pemungutan Suara di TPS 017 di lokasi.

Tercatat warga terdaftar pada TPS 017 ada 422. Ada pemilih tambahan sebanyak 33 orang. Dengan kata lain, ada 135 suara yang tidak mencoblos dalam Pilkada DKI di TPS 017.







Pluit kapuk > Laporan Utama

Ahok Menang Telak di Tiga TPS Ini

Rabu, 15 Februari 2017 15:36 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Muhammad Azzam

Hasil Penghitungan di TPS Ahok
Hasil Penghitungan di TPS Ahok

Share this





Menang telak pasangan pertananan Ahok-Djarot diwarnai dengan golput berjumlah 125 DPT.

PENJARINGAN – Meskipun pasangan calon pertahanan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat (Djarot) menang telak di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) rw 16, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Tetapi, ada sebanyak 24 persen atau 125 Daftar Pemilih Tetap (DPT) memilih golput.

Untuk diketahui, di TPS RW 16 yang berlokasi di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara ini proses penghitungan suara dimulai pukul 14.05 hingga 15.00. Ahok-Djarot menang telak di TPS 54 dengan total suara 381, untuk jumlah suara Agus-Sylvi sebanyak 3 suara dan Anies-Sandi hanya memperoleh 4 suara.

Sedang untuk di TPS 55 dan 56 yang bersebelahan dengan TPS Ahok lebih dulu selesai penghitungan suaranya.Berikut rinciannya, TPS 55 Agus-Slyvi memperoleh 1 suara, Ahok-Djarot memperoleh 396 suara, dan Anies-Sandi memperoleh 3 suara, total suara 400 dari jumlah DPT 539 pemilih.

Untuk TPS 56 Agus-Slyvi memperoleh 4 suara, Ahok-Djarot memperoleh 522 suara, dan Anies-Sandi memperoleh 10 suara, total suara 536 dari jumlah DPT sebanyak 716 pemilih.







Pluit kapuk > Laporan Utama

Ahok Dapat Perkataan Buruk di TPS Ini

Rabu, 15 Februari 2017 15:22 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : Kompas.com

Warga di TPS 17 Pasar Ikan
Warga di TPS 17 Pasar Ikan

Share this





TPS 16 dan 17 yang pemilihnya berasal dari Kampung Aquarium untuk sementara peroleh suara didominasi oleh Paslon Anies-Sandi.

PENJARINGAN – Suasana Tempat Pemungutan Suara (TPS) 16 Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara sedikit berbeda. Sebab, para pemilih yang mengikuti proses penghitungan surat suara memberikan sorakan tidak senang saat petugas pemungutan suara (PPS) membacakan nomor dua.

Untuk diketahui, Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat telah melakukan penggusuran di Kampung Aquarium, Pasar Ikan pada Tahun lalu.  Hal ini, membuat warga yang direlokasi di Rumah Susun (Rusun) Marunda kecewa terhadap pasangan pertahanan tersebut.

"Dua," ujar Petugas PPS.  "Huuuu," sorak warga yang hadir.

Selain menyoraki, warga juga mengucapkan celoteh kasar jika petugas pemungutan suara (PPS) menyebutkan nomor urut 2."Dua orang tidak punya agama," celoteh salah satu warga yang datang ke TPS.

Sejauh ini, di TPS 16 dan TPS 17 yang banyak DPT berasal dari warga eks Kampung Aquarium, pasangan Dalam pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3 yakni Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul sementara. Masing-masing TPS memiliki jumlah DPT 502 pemilih pada TPS 16 dan 422 pemilih pada TPS 17.







Pluit kapuk > Laporan Utama

Sebelum Nyoblos, Ahok dan Istri Makan Bubur Ayam

Rabu, 15 Februari 2017 10:22 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : Kompas.com

Ilustrasi Ahok
Ilustrasi Ahok

Share this





Kebiasaan Ahok dan keluaraga menyantap bubur ayam saat sarapan pagi. Tidak terkecuali, saat pencoblosan Pilkada DKI Jakarta 2017.

PENJARINGAN – Sebelum melakukan pencoblosan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) 54, Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama beserta istri, Veronica Tan memilih menyantap bubur ayam. Kebiasan tersendiri bagi pasangan suami istri beda 7 tahun ini tiap pagi sarapan menu makanan tersebut.

Terlihat dua orang perempuan keluar masuk membawa mangkok besar ditutupi serbet ke  kediaman Ahok, di Kompleks Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Rabu (15/2/2017) pagi.

"Ini bubur ayam pesanan bu Vero (istri Ahok, Veronica Tan)," kata seorang perempuan yang membawa mangkok.

Menurutnya, Veronica dan Ahok kerap memesan bubur ayam di sebuah rumah tepat di depan rumah Ahok. "Kami enggak jualan tapi bu Vero memang sering pesan. Tadi ada banyak (buburnya) yang dianter," kata perempuan berambut panjang tersebut.

Sebelumnya, Ahok beserta keluarga menggunakan hak suara ke TPS 54 Pantai Mutiara, Pluit pada pukul 09.40 WIB mengenakan kemeja kotak-kotak. Dari papan TPS, nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) nomor 146, Veronica mendapat nomor urut 147 dan Nicholas mendapat nomor urut 148.

Rencanananya, usai mencoblos, Ahok akan memantau jalannya pemungutan suara di posko relawan Rumah Lembang. Kemudian dia akan lanjut menghadiri penyelenggaraan quick count di Hotel Fairmont.







Pluit kapuk > Laporan Utama

Janji Sylvi di Pelelangan Ikan Kamal Muara

Rabu, 08 Februari 2017 09:32 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Wahyu Muntinanto

Sylviana Murni
Sylviana Murni

Share this





Sylvi belum mau menjelaskan detail konsep pembenahan kawasan pelelangan ikan di Kamal Muara.

PENJARINGAN – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sylviana Murni berjanji akan membenahi kawasan pelelangan ikan, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Kondisinya saat ini sangat kumuh dan bau. Bahkan, masih banyak sampah berserakan. "Harus kita perbaiki lagi kondisinya. Tempat pelelangan ikan di Kamal Muara tidak higienis, hidup di tengah-tengah kondisi air laut yang hitam," ujar Sylvi saat blusukan di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (7/2/2017).

Sylvi mengaku sudah memiliki konsep jitu. Namun, dia belum mau menjelaskan detail.  Yang pasti, dia akan melakukan pembenahan mulai dari hal-hal kecil.

"Saya tidak akan menggusur. Mereka akan kita tata. Bahkan, akan kita jadikan tempat wisata kalau perlu. Kami juga akan melakukan edukasi terhadap masyarakat pesisir. Bila sudah dibenahi, bukan tidak mungkin, wilayah ini dapat menggerakkan perekonomian masyarakat pesisir," jelas Sylvi.







Pluit kapuk > Laporan Utama

Keluhan Warga Muara Baru kepada Anies

Selasa, 07 Februari 2017 11:37 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Wahyu Muntinanto

Anies Baswedan blusukan
Anies Baswedan blusukan

Share this





Anies memastikan anak difabel dapat bersekolah dengan nyaman.

PENJARINGAN – Seorang ibu, warga Kampung Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara langsung menghampiri Anies Baswedan. Dia mengadu seputar kehidupan anaknya yang berkebutuhan khusus.

Sebelumnya, anak Yulis bersekolah di Jakarta Pusat. Namun, karena lokasinya terlalu jauh dari tempat tinggal, dia memutuskan untuk memberhentikan anaknya.

“Kasihan pak, terlalu jauh dari rumah. Anak saya juga berkebutuhan khusus. Jadi, mening saya didik saja di rumah. Lagipula, ongkos dan biaya sekolahnya juga mahal. Saya tidak sanggup. Mohon perhatiannya Pak,” keluhnya kepada Anies, Senin (7/1/2017).

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 itu pun menjawab bijak. Anies memastikan anak berkebutuhan khusus (difabel) dapat bersekolah dengan nyaman. Satu solusi yang ditawarkan melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus.

"Pertama, tentu lewat KJP Plus yang nilainya akan diperbesar bagi anak difabel, karena biaya pendidikan khusus memang lebih tinggi daripada yang formal," paparnya.

Kemudian, memberikan akses ke sekolah dengan menyediakan kendaraan umum cuma-cuma yang menjangkau tempat tinggal anak berkebutuhan khusus.

"Yang terpenting, kami masih mengkaji penambahan sekolah bagi anak berkebutuhan khusus. Entah kaum difabel digabung ke sekolah reguler dengan guru khusus atau dibuatkan sekolah sendiri sesuai kebutuhannya," imbuh Anies.

"Semoga dengan perhatian dari pemerintah, akses anak berkebutuhan khusus untuk meraih pendidikan semakin terjangkau dan meluas," tutupnya.
 







Pluit kapuk > Laporan Utama

Aturan untuk Bisa Mencoblos

Kamis, 02 Februari 2017 17:07 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Wahyu Muntinanto

Ilustrasi Pemilu
Ilustrasi Pemilu

Share this





Ada 3 kategori pemilih, pemilih dalam DPT, pemilih pindahan, dan pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT.

PENJARINGAN – Semua warga Jakarta yang sudah memenuhi syarat dapat menggunakan haknya dalam Pilkada DKI pada 15 Februari 2017. Aturannya sudah jelas.

Ketua KPU Kota Jakarta Utara Abdul Muin membagi pemilih dalam 3 kategori. Pertama, pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pemilih dalam kategori ini harus memiliki dokumen DKI. KTP beralamat DKI sesuai TPS,” tuturnya saat dihubungi infonitas.com, Kamis (2/2/2017).

Kedua, pemilih pindahan. Warga pemilih bisa mencoblos di mana saja. Syaratnya, melaporkan terlebih dahulu ke pihak Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat atau asal pemilih.

“Seandainya tinggal di Cengkareng, kerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, dia harus minta surat A5 dari KPU Kota Jakarta Barat. Seperti itulah kira-kira,” ucapnya.

Ketiga, pemilih yang tidak terdaftar di DPT. Pemilih tetap bisa menggunakan hak suaranya dengan menunjukkan identitas berupa KTP DKI atau dengan suket yang di stempel asli oleh Sudin Dukcapil. “Yang penting harus punya dokumen asli," pungkasnya.







Pluit kapuk > Laporan Utama

Tim Relawan Anies-Sandi Nobar Debat Cagub DKI di Penjaringan

Jumat, 13 Januari 2017 15:22 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Muhammad Azzam

Kampanye Anies-Sandi
Kampanye Anies-Sandi

Share this





Melalui ajang debat, seluruh relawan bisa lebih memahami program-program yang akan diusung pasangan Anies-Sandi.

JAKARTA - Struktur partai Gerindra, tim relawan, dan simpatisan Anies-Sandi se-Jakarta Utara akan bersilaturahmi, dan berkoordinasi di Roemah Djoeang Jalan Muara Baru, Gg. Pasific RT 03 RW 17, Penjaringan, Jakarta Utara untuk penguatan strategi pemenangan dan nonton bareng debat Pilkada DKI.

Menurut Naca Supriatna,  nobar dilakukan di setiap posko relawan Anies-Sandi, hal ini dilakukan sebagai bentuk kecintaan terhadap paslon no 3. "Itu juga kan instruksi dari DPD DKI bagi seluruh kader dan tim relawan, acara akan berlangsung pukul 19.00-23.00," paparnya saat dihubungi infonitas.com, Jum'at (13/1/2017).

Naca berharap, melalui ajang debat tersebut, seluruh relawan bisa lebih memahami program-program yang akan diusung pasangan Anies-Sandi. Program yang menjadikan masyarakat DKI lebih bermartabat, manusiawi, dan sejahtera.

"Pesan saya kepada semua kader, relawan, simpatisan Anis-Sandi untuk tetap menjaga keamanan, keharmonisan sehingga di sekitar lingkungan kita tetap kondusif. Tetap terus sosialisasikan bahwa Anies-Sandi adalah pasangan Cagub dan Cawagub yang bisa mengubah warga jakarta menjadi lebih sejahtera, dengan motto ‘Maju kotanya, bahagia warganya’," pungkasnya.







Pluit kapuk > Laporan Utama

Komentar Sandiaga Uno Soal Kenaikan Harga Cabai

Rabu, 11 Januari 2017 10:11 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Wahyu Muntinanto

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

Share this





Kalau pasokan aman, harga cabai akan tetap stabil. Itu hukum mutlak.

PADEMANGAN - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut harga cabai melambung karena tidak seimbangnya program pemerintah provinsi dalam menghadirkan pasokan yang aman.

Tentu, kenaikan harga cabai tidak hanya memberatkan pembeli. Namun juga, penjual. Maka itu, dia pun akan berkomitmen memastikan inflasi bahan makanan bisa sampai kurang dari 7,10 persen. Sehingga, tidak memberatkan kalangan menengah ke bawah.

"Masalahnya pasokannya tidak aman. Kalau pasokan aman, harga pun akan tetap stabil. Kalau terpilih, saya berjanji akan melakukan terobosan baru dengan merangkul petani cabai dan pedagang untuk meminimalisasi biaya," tuturnya.

"Cara operasi pasar bisa diselesaikan dengan cara temporer, untuk itu caranya bagimana pemprov DKI bisa mengambil dari petaninya langsung dengan cara kerja sama jangka panjang dangan melakukan kerjasama dengan pedagang lainya," pungkasnya.