Pluit kapuk > Laporan Utama

Ketua RW 05 Pluit: Banyak Terobosan Pelayanan Sejak Era Jokowi

Rabu, 22 November 2017 14:27 WIB
Editor : Arif Muhamad Rian | Reporter : Adi Wijaya

Sia Liong Hok, Ketua RW 05 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara
Sia Liong Hok, Ketua RW 05 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara
Foto : Adi Wijaya

Share this








Menurut Ketua RW 05 Pluit, salah satu contoh terobosan pelayanan itu ialah Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

PENJARINGAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berbenah berbagai kebijakan. Paling disoroti, yakni pada sistem birokrasi yang semakin mantap sejak era Gubernur Joko Widodo.

Sia Liong Hok, Ketua RW 05 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, mengakui era kepemimpinan Jokowi, Ahok hingga Djarot terdapat terobosan birokrasi signifikan. Terutama dari sisi pelayanan yang semakin mempermudah warga.

"Pelayanannya bagus sejak pada era ketiganya itu," ucap pria yang akrab disapa Ahok, saat ditemui di kantor sekretariat RW 05 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (22/11/2017).

Salah satu contohnya, dia menyebutkan pembentukan badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), guna kepengurusan berbagai surat kependudukan hingga perizinan. Ditambah, mudahnya akses pelaporan jika terjadi permasalahan di lingkungan.

"Sekarang kan kalau ada permasalahan bisa langsung chat ke lurah. Ngga lama, langsung ditangani sama institusi terkait," ungkapnya.

Terkait dana operasional RT/RW, Ahok yang sudah menjabat ketua RW sebanyak tiga periode atau 2010 lalu itu pun menilai sangat positif. Terdapat kenaikan signifikan dari berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta per bulan.

"Tanggapan ini kita lihat dari hasil kerja pemimpin sebelumnya. Untuk pemimpin saat ini kan belum kelihatan kerjanya, jadi belom bisa berkomentar," tutupnya.