Pluit kapuk > Laporan Utama

Kapal Pelni Akan Berlayar dari Pelabuhan Kali Adem

Selasa, 10 Januari 2017 14:38 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Wahyu Muntinanto

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono
Plt Gubernur DKI Sumarsono dan Menteri Perhubungan Budi Karya saat meresmikan Kapal Bahari Ekspress 3B di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.
Foto : Wahyu Muntinanto

Share this





Rencana pengoperasian kapal Pelni di Pelabuhan Kali Adem terkendala oleh kondisi kali yang menuju pelabuhan.

PENJARINGAN - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) akan menggunakan pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara sebagai tempat beroperasinya kapal milik Pelni. Kapal ini nantinya akan melayani rute ke Kepulauan Seribu.

Dia menuturkan, selama ini hanya kapal milik swasta yang bersandar di Pelabuhan Kali Adem. Sedangkan kapal milik Pelni bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa.

"Kendalanya kali Pelabuhan Kali Adem cukup dangkal hanya 2,5 meter. Berbeda dengan pelabuhan Sunda Kelapa yang bisa 3-4 meter. Tidak bisa menggunakan kapal Pelni," ucap Soni, sapaan akrab Sumarsono di Pelabuhan Sunda kelapa, Selasa (10/1/2017).

Terbakarnya kapal Zahro Ekspress pada awal tahun lalu menjadi pembelajaran bagi semua kelompok ataupun istansi terkait untuk berbenah diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara baik. "Ini menjadi tantangan bersama. Semua harus bersinergi,” pungkasnya.