Pluit kapuk > Laporan Utama

Jelang Ramadan, Petugas Ciduk PMKS di Jakut

Jumat, 11 Mei 2018 14:31 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Ada empat PMKS yang diciduk di kawasan wilayah Kelapa Gading dan Tanjung Priok. Mereka kedapatan sedang mengemis di lokasi tersebut.

PENJARINGAN - Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) kerap berdatangan menjelang bulan Ramadan. Mencari belas kasih masyarakat dengan memanfaatkan bulan berkah bagi umat muslim.

Suku Dinas Sosial Jakarta Utara akan menindak tegas PMKS musiman, yang mayoritas berasal dari luar Jakarta. Pemantauan hingga penangkapan intens dilakukan menjelang dan saat bulan Ramadhan.

"Petugas lapangan akan lebih intens memantau dan menangkap PMKS yang berkeliaran di jalan," kata Widya, Kepala Seksi Rehabilitasi Sudin Sosial Jakarta Utara, saat dikonfirmasi Infonitas.com, Jumat (11/5/2018).

Dijelaskannya, PMKS kerap berada ditempat ibadah dan pusat perbelanjaan, baik tradisional maupun modern. Rata-rata, modus yang dilakukan mulai dari mengamen dan mengemis.

"Kebanyakan lansia. Mereka kerap membawa anak kecil untuk mengemis," jelasnya.

Untuk hari ini, lanjutnya telah menangkap empat PMKS di wilayah Kelapa Gading dan Tanjung Priok. Mereka kedapatan sedang mengemis di lokasi tersebut.

"Hari ini kita ada operasi tiga mobil menyebar. Operasi besar akan dilakukan menjelang Ramadhan," tutupnya.