Pluit kapuk > Laporan Utama

Menyoal Penggusuran Di Jakarta

Janji Anies-Sandi kepada Warga Gusuran Ahok di Penjaringan

Minggu, 08 Oktober 2017 19:30 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Adi Wijaya

Kondisi Kampung Akuarium saat ini
Kondisi Kampung Akuarium saat ini
Foto : Adi Wijaya

Share this








Warga Kampung Akuarium, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara yang terdampak gusuran Ahok bakal menempati lokasi rata tanah itu dengan bangunan baru.

PENJARINGAN - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan - Sandiaga Uno terus menghembuskan angin segar kepada warga Kampung Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sebab, lokasi terdampak gusuran itu akan kembali dibangun permukiman bagi warga setempat.

Ketua RT12/04, Kampung Aquarium Rini Ernawati mengatakan, 'jagoannya' semasa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta itu berjanji akan membangun Kampung Akuarium. Kampung ini porak-poranda pasca penertiban pada April 2016 lalu. Meski belum ada kejelasan konsep pembangunan, namun angin segar itu mampu menjadi harapan warga.

"Kami senang ada itikad baik pada Pak Anies-Sandi kepada warga di sini," kata Rini saat ditemui di Kampung Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (8/10/2017).

Pembangunan kampung itu, dijelaskannya berlandaskan pada kontrak politik semasa kampanye Anies-Sandi. Warga berharap kontrak politik itu tak diingkari lagi seperti Gubernur DKI Jakarta sebelumnya Joko Widodo dan Ahok, dan saat ini Djarot Syaiful Hidayat.

"Kalau konsep pembangunannya kami juga belum tahu. Tapi kata Pak Sandi antara Rumah Susun (Rusun) atau kampung deret. Itu pun nanti akan menjadi hak milik warga," jelasnya.

Tak hanya itu, ditambahkannya, pembangunan Kampung Akuarium tak hanya pada permukiman warga saja. Namun juga meliputi berbagai fasilitas umum, seperti posyandu, sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini ), musala hingga taman pun akan dibangun di lokasi cagar budaya itu.

"Pembangunannya lengkap. Soalnya semua fasilitas umum yang ada di sini sebelumnya dicabut sebelum adanya penertiban tahun lalu," tutupnya.

Untuk diketahui, semalam Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno (Sandi) melakukan diskusi bersama perwakilan warga dari 16 kampung yang terikat kontrak politik dengan pasangan ini. Dalam acara bertajuk Penataan Kampung : Pemenuhan hak atas perumahan layak dan terjangkau, Sandi berjanji bakal memenuhi janji semasa kampanye Pilkada lalu kepada seluruh warga kampung tersebut. Sekitar empat jam, Sandi melakukan dialog.