Pluit kapuk > Laporan Utama

Ini Pengganti KM Zahro untuk Kepulauan Seribu

Selasa, 10 Januari 2017 11:23 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Purwanto

Peresmian KM Express Bahari di Pelabuhan Sunda Kelapa, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (10/1/2017). (Wahyu)
Peresmian KM Express Bahari
Foto : Wahyu Muntinanto

Share this








KM Express Bahari 3B siap beroperasi melayani perjalanan wisatawan menuju Kepulauan Seribu.

PENJARINGAN – Pasca-insiden kapal motor (KM) Zahro, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana membuat sistem pelayaran baru yang lebih baik untuk wisatawan.

Dalam mencanangkan sistem baru ini, Kemenhub bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta.

"Kami bertekad membuat sistem pelayaran baru. Yang pertama bekerja sama dengan DKI membentuk BLU (Badan Layanan Umum),"kata Menteri Budi usai meresmikan KM Bahari Express 3B di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (10/1/2017).

Ia menerangkan, kapal yang beroprasi ke Kepulauan Seribu seperti KM Bahari Express 3B akan dilengkapi keamanan dan para awak buah kapal (ABK) juga akan mendapatkan pelatihan khusus.

"Kami juga melibatkan ASDP dan Pelni membentuk benchmarking baru atas safety security system of service. Kami menugaskan Pelni dan ASDP untuk membina pelayaran rakyat, mereka kami ayomi. Kami juga ada subsidi berkaitan dengan kapal,"tuturnya.

Mantan Dirut Angkasa Pura 2 itu berharap kepada instansi terkait agar selalu menjaga apa yang sudah ada. Termasuk, kata dia, perawatan kapal. Pengecekan kelayakan kapal sebelum berangkat juga harus jadi perhatian khusus.

"Jika kapal ini sudah beroprasi harus di cek dulu sebelum berangkat. Jangan sampai terulang kembali kecelakaan yang merenggut korban jiwa,"pungkasnya.