Pluit kapuk > Laporan Utama

HUT Ke-72 RI

Enggan Hamburkan Uang, RW 13 Pluit Rayakan HUT RI dengan Sederhana

Kamis, 10 Agustus 2017 15:15 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Adi Wijaya

Pemasangan Bendera Merah Putih
Pemasangan Bendera Merah Putih
Foto : Adi Wijaya

Share this








RW 13 Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara enggan menggelar perayaan HUT RI ke-72 mendatang secara berlebihan.

PENJARINGAN - Berbeda dengan kawasan Kelapa Gading, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72 di kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara justru dirayakan secara sederhana. Salah satunya, di RW 13 Kelurahan Pluit hanya melakukan pemasangan sejumlah umbul-umbul di lingkungan setempat.

Ketua RW 013 Kelurahan Pluit, Hartono menyatakan tak ada acara spesial dalam memperingati hari kemerdekaan. Aneka perlombaan khas tujuh belasan pun dipastikan ditiadakan.

"Enggak ada acara pada hari kemerdekaan ini," kata Hartono saat dikonfirmasi infonitas.com, Kamis (10/8/2017).

Hatono memaparkan, perayaan HUT RI yang berlebihan hanya menghambur-hamburkan uang semata.  Sebab, menurutnya dana tersebut alangkah baiknya dipergunakan untuk keperluan yang bermanfaat, seperti, tunjangan untuk petugas keamanan.

"Kan lebih baik dananya kita gunakan, seperti membelikan seragam untuk petugas keamanan. Banyak yang lebih bermanfaat lagi," jelasnya.

Lebih jauh, dia menambahkan, untuk memberikan hadiah tak perlu dengan cara mengadakan perlombaan. Diceritakannya, perlombaan panjat pinang merupakan kegiatan semasa kolonial Belanda. Mereka mempertontonkan pribumi yang disuruhnya untuk memanjat pinang.

"Kasihan pesertanya, bisa terluka dan yang nonton justru senang. Kalau mau ngasih hadiah ya langsung saja. Enggak perlu menyiksa seperti itu," tutupnya.