Pluit kapuk > Laporan Utama

Dishub DKI Uji Coba Kapal Sekolah Untuk Pelajar Kepulauan Seribu

Rabu, 11 Januari 2017 17:21 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah
Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah
Foto : Amin Hayyu Al Bakki

Share this








Dishubtrans menyediakan tiga buah unit kapal sekolah. Setiap satu armada kapal sekolah mampu menampung sebanyak 50 pelajar.

CIPAYUNG- Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, untuk menopang kegiatan belajar-mengajar bagi murid di Kepulauan Seribu, pihaknya saat ini sudah mengoperasikan kapal sekolah. 

Hal itu dilakukan menyusul banyaknya keluhan dari pelajar di Kepulauan Seribu yang mengaku sering terlambat berangkat sekolah karena minimnya transportasi laut yang menghubungkan antar pulau.

"Kapal sekolah saat ini sudah trial sejak Senin (9/1/2017) kemarin, sudah beroperasi," kata Andriyansah di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (11/1/2017).

Dia melanjutkan, untuk sementara ini pihaknya hanya menyediakan tiga buah unit kapal sekolah. Setiap satu armada kapal sekolah mampu menampung sebanyak 50 pelajar. Sementara jam operasional kapal sekolah sendiri mengikuti jam berangkat dan pulang sekolah.

"Jam operasional ya jam sekolah. Pagi, siang, atau sore sesuai anak berangkat dan pulanh sekolah," ujar Andriyansyah.

Sementara itu, lanjut Andriyansyah, karena baru tiga armada kapal sekolah yang beroperasi, hanya sebagian kecil pulau saja yang baru bisa dilalui oleh kapal sekolah ini.

"Pagi itu kapal dari Pulau Tidung, lalu ke Pramuka, Kelapa, Panggang, Untung Jawa, itu sampai siang dan sore untuk mengantarkan dan menjemput anak sekolah," imbuhnya.