Pluit kapuk > Laporan Utama

Di Muara Baru Bakal Ada Sidney Fish Market

Jumat, 09 Februari 2018 14:23 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Ilustrasi Sidney Fish Market
Ilustrasi Sidney Fish Market
Foto : istimewa

Share this








Kementerian Kelautan dan Perikanan membangun pasar ikan modern setara dengan Sidney Fish Market yang bakal ada di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

PENJARINGAN – Warga Ibu Kota, terutama Jakarta Utara bakal memiliki pasar ikan modern setara dengan Sydney Fish Market. Berlokasi di Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti  bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan atau groundbreaking pasar ikan modern tersebut pada Kamis (8/2/2018) kemarin.

Menurut Anies, pasar-pasar ikan di Jepang bisa dijadikan rujukan dalam membangun pasar ikan modern. Kondisi pasar ikan di Jepang, kata Anies, terlihat bersih.

"Mudah-mudahan nanti pasar ikan modern ini bisa setara dengan pasar-pasar ikan, misalnya Sydney Fish Market atau di Jepang ada banyak sekali fish market yang bisa menjadi rujukan," ujarnya dikutip dari kompas.com.

Nantinya, Pasar Ikan Modern Muara Baru akan dibangun berkonsep higienis dan modern one stop shopping aneka produk perikanan. Pasar itu direncanakan berisi 900 lapak basah, 69 kios pasar kering, 18 kios pancing, dan 68 kios ikan segar.

Pasar ikan tersebut juga akan dilengkapi fasilitas pendukung, seperti chilling room, ice storage, layanan perbankan, klinik kesehatan, wisata kuliner, laboratorium, masjid, pengepakan ikan, gardu PLN, dan instalasi pengelolaan air limbah. Pembangunan Pasar Ikan Modern Muara baru ditargetkan selesai pada Desember 2018.

Selain itu, pasar ikan tersebut dapat menjadi destinasi wisata unggulan di Jakarta. Keinginan tersebut, karena pasar ikan sudah ada sejak 1846 sebagai areal pelelangan ikan dan mempunyai sejarah panjang.

Untuk merealisasikan, ia meminta kontraktor PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk menyediakan informasi sejarah Pasar Ikan Modern Muara Baru apabila pembangunannya telah selesai.

"Kami berharap di pasar ini bukan sekadar orang bekerja, datang berjualan, datang membeli, tetapi juga bisa menjadi tempat tujuan wisata," jelasnya.

Meski demikian, ia meminta bantuan Menteri Susi agar menenggelamkan pengelola pasar jika ketahuan tidak menjaga kebersihan.  "Nanti indikatornya, datang ke tempat ini, ikannya penuh, tetapi aromanya segar. Nanti Bu Susi, kalau ada (pasar ikan) yang bau, tenggelamkan saja, Bu Susi," kata Anies.

Mendengar hal itu, Susi pun menyanggupi. Wanita kelahiran Pangandaran, Jawa Barat mengatakan pembangunan pasar ikan modern bertujuan untuk mengubah anggapan warga bahwa pasar ikan selalu kumuh dan kotor.