Pluit kapuk > Laporan Utama

Dari Perahu Eretan, Safei Raup Untung Ratusan Ribu Per Hari

Rabu, 14 Maret 2018 14:27 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya

Perahu eretan milik Safei kebanjiran penumpang setiap harinya
Perahu eretan milik Safei kebanjiran penumpang setiap harinya.
Foto : Adi Wijaya

Share this








Setiap hari, Safei dapat meraup untung hingga ratusan ribu rupiah dari perahu eretan yang dioperasikannya.

PENJARINGAN - Penyediaan jasa perahu eretan memang tak lagi sebanyak dahulu. Pembangunan infrastruktur jalan berdampak pada nahkoda perahu eretan yang banting setir pada pekerjaan lain.

Tak terkecuali bagi Safei (46). Perahu eretan yang dinahkodainya tetap menjadi primadona bagi para penumpang. Dalam sehari, pria asal Jawa Timur tersebut mengais rezeki dari jasa angkutan perahu eretan hingga Rp 500 ribu. 

"Untuk satu unit sepeda motor dengan satu pengendara dihargai Rp 2 ribu. Sedangkan untuk sepeda motor berpenumpang dua orang dihargai Rp 3 ribu," kata Safei, saat ditemui di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018).

Dijelaskannya, penghasilan tersebut merupakan hasil kerja keras menyebrangi penumpang mulai Pukul 07.00 WIB -  22.00 WIB. Hanya beristirahat pada waktu makan dan Shalat.

"Kalau dihitung-hitung bekerja sampai 15 jam setiap harinya," jelasnya.

Diakuinya, perahu sebelumnya pernah mengalami kerusakan akibat mengalami kebocoran. Namun, perahu yang saat ini dimilikinya memiliki ketahanan lebih baik dibanding sebelumnya.

"Walaupun tergolong kuat, tetap saja untuk menghindari kecelakaan ngga beroperasi saat debit air tinggi dan air kali meluap," tutupnya.

Diketahui, Safei merupakan seorang nahkoda perahu eretan di kali Cagak, Penjaringan, Jakarta Utara.

Jasa angkutan yang dilakoninya mampu meminimalisir jarak tempuh kendaraan sepeda motor dari Jalan Pluit Karang Barat dan mengembang kali ke Pantai Indah Kapuk (PIK) atau sebaliknya.