Pluit kapuk > Laporan Utama

HUT Ke-72 RI

Buat Bendera dari Gelas Air Mineral, Kampus UBM Dapat Rekor MURI

Rabu, 09 Agustus 2017 19:00 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Muhammad Azzam

Bendera Merah Putih dari gelas air mineral
Bendera Merah Putih dari gelas air mineral
Foto : Muhammad Azzam

Share this








Mahasiswa/I dari Akademik Pariwisata dan Universitas Bunda Mulia (UBM) Jakarta dapat rekor Muri karena memajang Bendera Merah Putih dari gelas mineral.

PADEMANGAN - Akademik Pariwisata dan Universitas Bunda Mulia (UBM) Jalan Lodan Raya No.2 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta berhasil mencatatkan rekornya di Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) dengan membuat konfigurasi bendera merah putih menggunakan gelas air mineral.

Sebelum pengumuman pendiri Muri Jaya Suprana memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai usaha yang dilakukan pihak kampus bersama mahasiswanya terkait konfigurasi bendera merah putih itu. Mereka semua sempat kaget lantaran Jaya Suprana menyebut menolak memberikan rekor Muri tersebut.

"Ini saya tolak, karena tidak cocok sebagai Rekor Muri Indonesia, ini cocoknya sebagai masuk museum rekor dunia Indonesia. Ini belum pernah dilakukan dibelahan dunia manapun yang semacam ini, membuat bendera negara menggunakan gelas air mineral cukup banyak lagi, selamat ini rekor dunia Indonesia saya serahkan kepada kampus UBM,"ungkapnya yang langsung disambut haru dan tepuk tangan para jajaran kampus serta mahasiswa baru UBM di ruang auditorium lantai 8, Rabu (9/8/17).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Alumni Universitas Bunda Mulia (UBM) Tonny Hendratono menjelaskan konfigurasi bendera merah putih menggunakan gelas air mineral ini merupakan hasil usaha dari para mahasiswa baru, mentor, beserta jajaran kampus.

Pengerjaan dilakukan mulai 6 Agustus dimulai dengan mengumpulkan gelas air mineral bekas yang tidak terpakai. Kemudian diberi cat berwarna merah putih. Puncaknya pada hari ini 9 Agustus 2017 dilakukan penyusunan bendera merah putih itu di halaman Kampus UBM.

Konfigurasi bendera merah putih itu memiliki ukuran 7.2m x 14.4 m dengan total 16.200 gelas air mineral. Kegiatan ini sebagai rangkaian puncak kegiatan Welcoming Freshmen tahun ajaran 2017/2018 bagi mahasiswa baru yakni mulai tanggal 7-9 Agustus 2017.

Berbagai kegiatan menarik, asik dan mendidik akan diselenggarakan, mulai dari upacara, seminar, Flashmobhingga hiburan-hiburan yang dipersembahkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa UBM, Senat FISH (Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora) dan Senat FTD (Fakultas Teknik dan Desain) UBM. Kegiatan ini dimaksudkan agar para mahasiswa baru dapat mengenal bagaimana kampus dan pembelajaran UBM sebelum memasuki pembelajaran di perkuliahan.

Selain itu ide pemecahan rekor muri ini dilandasi kepedulian kampus kepada lingkungan, terutama sampah plastik yang dapat dimanfaatkan dengan baik, juga sebagai bentuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72.

"Ini kita lakukan sesuai tagline UBM untuk tahun ajaran ini yaitu 'Lakukan Terobosan Hebat', inilah bentuk terobosan dengan kerja sama, tekad dan semangat kita bisa pecahkan rekor ini," jelasnya.

"Rekor ini juga memberikan edukasi kepada mahasiswa agar tidak meremehkan barang bekas terlihat gelas air mineral yang seringkali dibuang begitu saja bisa dimanfaatkan dengan baik selain itu juga menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi menggingat perjuangan untuk membentuk konfigurasi bendera merah putih saja cukup berat penuh tantangan, bagaimana para pahlawan kita yang berjuang memperebutkan kemerdekaan yang saat ini bisa kita nikmati," terangnya.