Pluit kapuk > Laporan Utama

Bantaran Kali Jelangkeng Kecamatan Tambora Bakal Ditata

Kamis, 12 Oktober 2017 14:34 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Farid Hidayat

Bangunan Liar
Bangunan semi permanen di bantaran Kali Jelangkeng, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.
Foto : istimewa

Share this








Penataan yang dilakukan di bantaran Kali Jelangkeng, Kecamatan Tambora di antaranya, membongkar puluhan bangunan semi permanen yang ada.

TAMBORA – Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Barat Imron Syahrin, meminta agar puluhan bangunan semi permanen di bantaran Kali Jelangkeng, Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat dibongkar. Sebab, dilarang mendirikan bangunan untuk apapun di bantaran kali. “Puluhan bangunan semi permanen tersebut harus dibongkar dari bantaran Kali Jelangkeng,” jelasnya, Kamis (12/10).

Lanjutnya, sesuai aturan yang berlaku, bangunan yang diperbolehkan didirikan di bantaran kali hanya rumah pompa. "Selain rumah pompa, bangunan untuk kepentingan apapun tidak boleh berdiri di atas bantaran kali tanpa terkecuali termasuk di Kali Jelangkeng. Tentunya keberadaan bangunan ini akan mempersulit kami saat akan melakukan pengerukan kali," tegasnya. 

Untuk itu, Imron mengajak seluruh instansi terkait turut merawat dan menjaga jalur hijau  di sepanjang bantaran kali di Jakarta Barat, termasuk di Kecamatan Tambora bersih dari keberadaan bangunan liar. "Kami mohon Sudin KUKMP tidak mengeluarkan izin tempat usaha berdagang di atas bantaran kali Jelangkeng karena akan merugikan kepentingan bagi warga Pekojan," pintanya.