Pluit kapuk > Laporan Utama

Asian Games, Jalan Benyamin Suaeb Diberlakukan Ganjil Genap

Selasa, 03 Juli 2018 12:23 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya

Petugas tengah bersiaga saat pemberlakukan sistem ganjil genap di Jalan Benyamin Suaeb, Jakarta Utara
Petugas tengah bersiaga saat pemberlakukan sistem ganjil genap di Jalan Benyamin Suaeb, Jakarta Utara
Foto : Adi Wijaya

Share this








Pemberlakuan ganjil genap di Jalan Benyamin Suaeb berlaku untuk roda empat untuk antisipasi kemacetan saat berlangsung Asian Games 2018.

PADEMANGAN - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan sistem lalu lintas ganjil genap di Jalan Benyamin Suaeb, Pademangan, Jakarta Utara. Penerapan sistem tersebut merupakan antisipasi kemacetan saat berlangsung perhelatan Asian Games 2018.

Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Utara, Benhard Hutajulu menerangkan, penerapan sistem ganjil genap di jalan itu dimulai pada Rabu (1/8/2018), atau 17 hari sebelum berlangsung Asian Games, pada Sabtu (18/8/2018). Kendaraan yang wajib mengikuti sistem tersebut hanyalah roda empat atau lebih.

"Hanya mobil saja. Sedangkan sepeda motor masih bisa melintas tanpa sistem ganjil genap," kata Benhard, saat dikonfirmasi, Selasa (3/7/2018).

Meski belum diterapkan, saat ini sistem ganjil genap di jalan tersebut sedang diberlakukan uji coba. Petugas Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta maupun aparat Kepolisian Polda Metro Jaya memberikan sosialisasi kepada pengguna jalan yang melintas.

"Ada 50 petugas dari kami. Berjaga di lokasi sambil sosialisasi. Bekerjasama dengan kepolisian," jelasnya.

Lanjutnya, uji coba tersebut akan berakhir pada Selasa, (31/7/2018) mendatang. Keesokannya, sistem sudah diterapkan bagi pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut. Penindakan berupa tilang tentunya diterapkan pada pelanggar lalu lintas di jalan tersebut.

"Untuk saat ini belum diberlakukan sanksi tilang. Hanya bersifat sosialisasi saja," tutupnya.