Sabtu, 14 April 2018 14:45:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : Adi Wijaya
Anies Peringati 2 Tahun Kampung Akuarium
Anies di Kampung Akuarium.
Foto : Adi Wijaya
 

PENJARINGAN - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyied Baswedan beserta warga Kampung Akuarium memperingati momentum penggusuran pada 11 April 2016 silam. Wajah ceria kini menghiasi warga karena harapan kehidupan kampung mulai terbangun kembali.

Anies menceritakan, penggusuran tempo lalu merupakan bentuk ketidakberpihakan kepada warga miskin. Setahun pasca penggusuran, rasa suka masih menyelimuti warga terdampak.

"Hari ini tepat dua tahun penggusuran, saya datang lagi ke kampung ini dan Alhamdulillah yang ditemui adalah wajah ceria, wajah yang positif wajah yang optimis. Itulah kebahagian," kata Anies, saat ditemui di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (14/4/2018).

Tujuan pembangunan Kampung Akuarium sebagai bentuk menyempitkan ketimpangan. Mengangkat kaum miskin agar dapat hidup sejahtera. 

"Ada satu yang harus digarisbawahi, bahwa tujuan pembangunan itu menyempitkan ketimpangan bukan melebarkan ketimpangan. Secara teknis, banyak sekali pekerjaan rumah yang harus dituntaskan, baik di Kampung Akuariun maupun di kampung lain. Kita akan lakukan semuanya komitmen. Kita jelas dengan kerja teknokratnya ketika kita jalankan sesuai dengan tata kelola pemerintahan yang benar," jelasnya.

Pembangunan Shelter Kampung Akuarium merupakan langkah konkret yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Proses yang kita lakukan sekarang yakni Community Action Plan (CAP) dengan menangkap aspirasi warga berkolaborasi untuk merancang bersama dan melaksanakan bersama sama.

"Jadi pertama shelter. Yang kedua adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama itu dengan cara warga dan pemerintah sekaligus juga para pegiat yang nanti akan kita laksanakan," tutupnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda