Pluit kapuk > Laporan Utama

Alumni PETISI Desak Jokowi Cabut Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta

Kamis, 16 November 2017 17:57 WIB
Editor : Arif Muhamad Rian | Reporter : Farid Hidayat

PETISI
Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi
Foto : Farid Hidayat

Share this








Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi juga membuat petisi yang isinya penolakan terhadap adanya proyek reklamasi.

PENJARINGAN - Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi membuat petisi yang isinya menolak adanya reklamasi di tempat pelelangan ikan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (16/11/2017).

Ketua presidium PETISI, Akhmad Syarbini mengatakan, setiap alumni perguruan tinggi seyogyanya harus membela kepentingan rakyat banyak, bukan hanya membela kepentingan segelintir penguasa besar yang hanya memainkan kepentingannya sendiri.

"Dari Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi ini kami mendesak kepada Presiden Joko Widodo agar segera membatalkan pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta oleh Menko Maritim. Forum juga menyerukan agar pemerintah menghentikan pembangunan proyek yang masih berlangsung," ujarnya di lokasi.  

Demi menentukan nasib pulau reklamasi yang sudah terlanjur dibangun di teluk Jakarta, lanjut Akhmad, Forum PETISI Tolak Reklamasi akan melakukan sejumlah kajian dan diskusi yang mendalam seperti dari kajian teknik dan lingkungan, sosial ekonomi dan budaya, hukum dan pertahanan keamanan nasional. 

"Hasil kajian tersebut akan diserahkan sebagai rekomendasi Forum PETISI Tolak Reklamasi kepada Presiden RI, DPR RI, Pemprov DKI Jakarta, DPRD DKI, Kemenko Maritim, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta lembaga lainnya," tuturnya.