Pluit kapuk > Laporan Utama

Ahok Jabarkan Kebijakannya Lewat Buku

Jumat, 17 Agustus 2018 11:09 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Wahyu

buku ahok
Buku terbaru Ahok berjudul 'Kebijakan Ahok'.
Foto : istimewa

Share this








Buku terbaru Ahok berjudul 'Kebijakan Ahok' sudah dirilis. Penjualan dilakukan by online.

JAKARTA – Meski tengah berada di balik jeruji besi, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tetap menunjukkan kepeduliannya terhadap bangsa. Kemarin, Ahok, sapaan akrabnya, meluncurkan buku terbaru bertajuk ‘Kebijakan Ahok’.

Tim Ahok lewat akun instagram @basukibtp menuliskan, “Hari ini Pak Ahok sudah menjalani 1 tahun 3 bulan dan 7 hari masa penahanan di Mako Brimob. Tapi semangat dan cinta beliau untuk bangsa ini tidak pernah pudar. Sekitar 8 bulan lalu, Pak Ahok info ke kami ingin membuat buku mengenai Kebijakan yang dijalankannya selama memimpin DKI Jakarta. Tiap seminggu sekali kami berkunjung ke mako brimob, Pak Ahok memaparkan pemikiran garis besar yang akan ditulis. Kami hanya bantu mengembangkan saja.

Kenapa kami memilih tanggal 16 agustus 2018 sebagai hari launching Buku Kebijakan Ahok? Karena bertepatan 1 hari menuju HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, ini menandakan walau raga Pak Ahok terkurung di dalam Mako Brimob, jiwa dan pikirannya tetap merdeka dan tidak boleh “terkurung” seperti raganya. Dengan pikiran yang merdeka, terbitlah buku Kebijakan Ahok ini yang merupakan Buku pertama murni pemikiran yang beliau tulis dari dalam tahanan.
 
Dengan adanya buku Kebijakan Ahok, beliau ingin semua orang baik kepala daerah, calon anggota dewan dan orang awam yang mau tau apa saja kebijakan Ahok dan mungkin akan mengaplikasikan di daerah masing-masing bisa lihat di buku ini. Seperti contoh program Kesehatan, Ketuk Pintu Layani Dengan Hati (KPLDH) dimana masyarakat miskin merasa memiliki dokter pribadi yang bisa datang ke rumah hingga banyaknya pembangunan di Jakarta yang dibangun tanpa menggunakan APBD DKI.
 
Soal harga buku pasti banyak pertanyaan, beliau selalu bilang “Kita sekarang harus banyak jual buku, tidak perlu malu masih banyak orang yang perlu dibantu”. Dikarenakan buku ini adalah salah satu alat donasi untuk memenuhi permohonan bantuan yang masih banyak permintaan seperti semasa beliau menjadi pejabat melalui surat ataupun kunjungan ke Mako Brimob. Begitulah pak Ahok, walau dalam kesulitan masih memikirkan orang lain. •
Terakhir, Pak Ahok sampaikan dengan peluncuran buku ini diharapkan masyarakat dapat mendukung perjuangan beliau memajukan kebenaran, kejujuran perikemanusiaan.”

Peluncuran buku dilakukan di gedung Filateli, Jakarta Pusat, Kamis (16/8/2018) . Sesuai namanya, buku berisi tentang sejumlah kebijakan Ahok, antara lain terkait Simpang Susun Semanggi.

Soal harga, memang cukup mahal, yakni Rp 1 juta. Namun, staff Ahok, Sakti Budiono mengatakan ini untuk donasi. “Bukan untuk Pak Ahok. Buku dijual by online,” tuturnya.