Pluit kapuk > Kuliner

Hadirkan Kopi Senikmat Buatan Kafe di Rumah Anda

Rabu, 13 September 2017 10:42 WIB
Editor : Raymondo Arditya | Sumber : DBS

kopi
Istimewa
Foto : istimewa

Share this








Tidak harus ke kedai kopi, Anda pun dapat membuat kopi nikmat di rumah. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.

JAKARTA – Kopi kini menjadi salah satu minuman wajib banyak orang. Hal tersebut seiring dengan bertumbuhnya banyak sekali kedai kopi dalam beberapa tahun terakhir di pusat perbelanjaan hingga kelas pinggir jalan.

Kini, untuk menikmati secangkir kopi nikmat bercitarasa kafe, Anda tidak perlu lagi pergi ke kafe. Anda pun dapat membuat kopi nikmat tersebut di rumah untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman Anda.

Disadur dari viva.co.id, Senin (11/9/2017), pemilik Kedai Kopi Marco, Chef Marco Lim berbagi sedikit tips menyeduh kopi agar rasanya nikmat.

Menurutnya, kenikmatan dan kesegaran kopi tak hanya dipengaruhi oleh jenis kopi. Teknik menyeduh yang tepat juga mampu memberikan pengaruh besar pada rasa yang dihasilkan. Untuk itu, penting bagi para penikmat kopi untuk mengetahui bagaimana cara menyeduh kopi dengan benar.

"Air yang digunakan, jangan mendidih-mendidih banget. Ya, hampir 80 persen (kematangan air)," ujar Marco.

Baca Juga : Kopium Artisan Coffee Pilihan Tepat Pencinta Kopi

Ia mengatakan, tingkat kematangan air menjadi kunci nikmat atau tidaknya rasa secangkir kopi yang dihasilkan. Karena jika air yang digunakan untuk dituangkan terlalu matang, maka yang muncul adalah rasa pahit gosong, berbeda dengan rasa pahit alami dari kopi.

"Kalau kopi tradisional ya, bukan kopi yang sudah jadi. Begitu mendidih langsung tuang, tutup. Jadi begitu air masak, langsung matikan (kompor). Jangan sampai mendidih-mendidih gitu, hangus dia. Nanti pahitnya bukan pahit enak. Pahitnya pahit gosong,” ucapnya.