Pluit kapuk > Kuliner

Cara Bikin Ayam Gepuk Ala Pak Gembus di Rumah

Jumat, 20 Oktober 2017 15:48 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

 Ayam Gepuk ala Pak Gembus
Ayam Gepuk ala Pak Gembus
Foto : istimewa

Share this








Ayam Gepuk Pak Gembus saat ini lagi ngehits di kalangan pecinta kuliner maupun masyarakat Ibu Kota. Ternyata membuat menu itu mudah lho.

JAKARTA - Ayam gepuk, salah satu menu yang lagi nge-hits di kalangan pelaku usaha kuliner pada belakangan ini. Tiap sudut kota di DKI Jakarta kerap terlihat penjual ayamepuk maupun geprek. Baik dalam bentuk resto, warung kecil maupun Pedagang Kaki Lima (PKL). Ayam Pak Gembus yang cukup terkenal, mau tidak mau diakui sebagai trendsetter kuliner Ayam Geprek maupun Gepuk.

Ciri khas Ayam Gepuk dari sambal yang menawarkan ekstra pedas. Penjual kuliner satu ini tak pernah sepi pembeli. Sajian menu ini, ialah ayam goreng tepung yang dimemarkan dan disajikan bersama sambal bawang. Biasanya daging ayam goreng yang dibalut tepung di geprek atau dimemarkan diatas sambal bawang yang pedas. Mirip sekali dengan ayam sambal korek, ayam gepuk ataupun ayam penyet.

Perpaduan citarasa gurih dan lezat ayam goreng dan pedas dan gurihnya sambal bawang memang nikmat dan lezat. Tidak heran jika resep ayam goreng tepung dan sambal ini disukai oleh anak anak, muda mudi dan orang tua. Memang penjual resep masakan dari ayam ini cukup banyak. Dikutip dari resepcaramemasak.info, berikut ini tips Membuat Resep Ayam Gepuk Gurih dan Lezat.

Pertama. Gunakan daging ayam yang fresh atau baru dipotong. Daging yang fresh akan membuat ayam gepuk lebih empuk dan bumbu meresap. Pada umummnya ayam kampung itu lebih enak untuk dibuat resep masakan dari ayam. Tetapi untuk ayam gepuk sebaiknya menggunakan ayam potong.

Kedua. Saat menggoreng ayam, sebaiknya menggunakan minyak yang banyak sehingga dapat merendam daging ayam tepungnya. Tujuannya, ayam yang terbalut tepung bisa benar-benar matang. Daging ayam tidak perlu diungkep supaya tekstur dalamnya nanti lebih juicy dan lembut.

Ketiga. Sambal ayam geprek tidak perlu menggunakan tomat supaya nanti tidak terlalu basah teksturnya. Sambal ayam gepuk biasanya hanya menggunakan bawang putih, cabai merah, garam.

Bahan Ayam gepuk :

- Pertama ayam potong yang masih segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 kg.

- Lada bubuk atau halus kalau suka kurang lebih 1 sendok kecil.

- Garam halus beryodium sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.

- Bubuk cabai kalau suka secukupnya sesuai selera.

- Bawang putih halus atau bubuk kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.

- Minyak goreng secukupnya untuk menggorengnya.

Bahan Tambahan :

Selain ayam, kita butuh adonan tepung untuk pencelup dan tepung buat lapisan luarnya. Bahan yang dibutuhkan bisa dilihat di resep ayam goreng tepung.

Cara membuat ayam gepuk :

Pertama. cuci daging ayam yang dipersiapkan kemudian potong menjadi 8 atau tergantung selera. Setelah itu letakkan ayam di wadah agak besar (kalau bisa terbuat dari stainless atau panci besar) kemudian lumuri dengan lada bubuk, garam halus, bawang putih dan bubuk cabai sampai merata. Setelah rata, masukkan dan diamkan dalam lemari pendingin supaya bumbu dasar tadi meresap sempurna. Semakin lama semakin bagus, tetapi minimal 1 jam atau 60 menit ya supaya daging ayam nya nanti tidak hambar.

Kedua. Siapkan bahan adonan pencelup dan lapisan tepungnya sesuai dengan link resep ayam goreng KFC sebelumnya. Setelah dimarinasi atau didiamkan di lemari pendingin, celupkan kedalam adonan lapisan cair sampai terendam sempurna. Setelah itu gulingkan kedalam tepung pelapis kering sambil sedikit diremas lalu gulingkan lagi sampai rata. Cukup satu lapisan saja supaya nanti tetap renyah dan tidak terlalu tebal.

Ketiga. Siapkan wajan penggorengan dan beri minyak banyak (ayam harus tyerendam semua dan bisa melayang saat digoreng supaya matang sampai kedalam). Ketukkan ayam yang sudah diberi tepung untuk membuang tepung yang berlebih. Caranya bisa kedua tangan memegang ayam kemudian ketukkan antara tangan. Masukkan daging ayam kedalam wajan dan masak sampai berubah warna kecoklatan. Angkat dan tiriskan sebentar.

Bahan Sambal Ayam Gepuk :

- Buah cabai rawit pedas sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 20 sampai 25 pcs.

- Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs.

- Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

- Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.

- Kaldu ayam bubuk secukupnya kalau suka.

- Minyak goreng panas sedikit saja.

Cara membuat sambel ayam gepuk :

1. Cuci buah cabai rawit dengan air mengalir.

2. Siapkan ulegan dan haluskan cabai rawit dan bawang putih sampai halus.

3. Tambahkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk ayam kalau suka kemudian uleg lagi sampai tercampur rata. Beri sedikit minyak panas diatasnya.

4. Ambil ayam geprek kemudian geprek atau memarkan diatas sambal bawang.