Kamis, 06 September 2018 15:30:00
Editor : Galih Pratama | Reporter : Adi Wijaya
Anies Inginkan Jakarta Kota Layak Anak
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri perayaan Hari Anak Nasional di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.
Foto : Adi Wijaya
 

PADEMANGAN - Kasus kekerasan pada anak kerap terjadi di tengah masyarakat Ibu Kota. Tak sedikit anak menjadi korban hingga mengalami luka serius dan tewas.

Melihat kondisi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyied Baswedan menginginkan kota metropolitan menjadi kota layak anak. Memberikan rasa aman sehingga anak dapat bertumbuh kembang, baik fisik maupun potensinya. Sehingga anak merasa bahagia.

"Perayaan hari anak ini tidak sebatas satu hari ini saja. Tapi harus setiap hari yang menjadikannya sebagai kota layak anak," kata Anies, dalam perayaan Hari Anak Nasional di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018).

Dia menyinggung peran guru pendidikan anak (Paud) dan taman Kanak-Kanak (TK) yang dianggapnya strategis. Masa depan anak dimulai dari peran mereka sebagai tenaga pengajar dan pembimbing anak.

"Lihatlah setiap anak Indonesia seakan melihat anak kandung kita sendiri, atau seakan melihat adik kandung kita sendiri. Dengan cara seperti itu, kita peduli seperti orang tua peduli terhadap anaknya, seperti kakak peduli terhadap adik kandungnya. Kalau itu kita tunjukkan, maka insya allah anak-anak di Indonesia akan terjaga dengan baik," ungkapnya.

Menurutnya, terdapat tiga potensi lokasi pertumbuhan anak, yakni di dalam rumah, sekolah dan lingkungan sekitar. Untuk itu, penting diharapkan. ketiga lokasi itu turut mendukung pertumbuhan anak.

"Saat ini pemerintah memulai dengan membangun kebiasaan belajar di malam hari. Dimulai di Jakarta Barat dan rencananya akan merambah ke wilayah lain," tutupnya.

Diketahui, sebanyak 700 anak dalam kategori tidak mampu dan disabilitas mengahadiri perayaan Hari Anak Nasional 2018 di Dunia Fantasies, Ancol Pademangan, Jakarta Utara. Tak hanya diajak bergembira di area wahana, setiap anak diberikan tabungan sosial anak bernilai Rp 1 juta.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda