Pluit kapuk > Komunitas

Lau Ping Yiu, Semangat Berbagi Kepada Sesama

Selasa, 13 Desember 2016 14:27 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Farid Hidayat

Lau Ping Yiu
Foto : Malik Maulana

Share this








Info Komunitas - Bersama melakukan kebajikan. Itulah tujuan utama perkumpulan yang diberi nama Lau Ping Yiu (LPY). Gagasan itu muncul dari perbincangan beberapa orang.Selintas, mereka membicarakan tentang kegiatan sosial. Dari sana, ide untuk membuat suatu perkumpulan atas dasar sosial direalisasikan.

LPY ini terbentuk pada 9 September 2016.Kegiatan sosial pertamanya dilakukan di Bina Grahita. Valentine Anna Yang,ketua Lau Ping Yiu mengatakan, perkumpulan ini dibentuk untuk menumbuhkan rasa kebajikan.Seperti, kunjungan ke panti sosial, panti asuhan, dan bantuan untuk korban bencana alam. Bahkan, membantu keluarga kurang mampu.

“Perkumpulan ini terbentuk karena ‘jodoh’, awalnya tidak direncanakan, tapi karena seiring berjalannya waktu maka terbentuk perkumpulan ini,” ungkapnya.

Mereka membuat panitia kecil untuk menggalang dana.Dalam waktu dua pekan terkumpul dana dari 100 donatur.Lalu, mereka berkomitmen membentuk perkumpulan yang disebut Lau Ping Yiu.Dalam bahasa hokian yang berarti teman-teman lama.

“Perkumpulan kami tidak terbatas, yang penting memiliki niat dan punya visi dan misi saling berbagi. Bagi yang ingin tahu lebih jauh bisa buka facebook kami di Lau Ping Yiu,” terangnya.

Sekarang masuk tahap dua.Ada tambahan dari 100 donatur. Kegiatan sosial yang kedua dilakukan di Panti Asuhan Guna Nanda. “Tidak menutup kemungkinan, akan ada baksos selanjutnya pada Desember, bertepatan pada perayaan Natal,” ucapnya.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa bergabung di LPY. Tujuannya, LPY ingin mengedukasi anak-anak.Bahwa sangat penting memilii rasa kepedulian bagi sesama.

Mereka berharap, perkumpulan ini bisa dipertahankan. Bahkan, lebih berkembang lagi untuk membantu masyarakat yang kekurangan. “Satu hal, perkumpulan kami tidak terbatas oleh agama, suku, ras dan golongan, semuannya bisa bantu, kita saling bantu,” tutupnya.