Pluit kapuk > Kesehatan

Yuk, Biasakan Anak Sikat Gigi Sedari Kecil

Jumat, 15 Juni 2018 19:02 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Sayangianak.com

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Kebiasan menyikat gigi sejak dini yang dilakukan si kecil dapat mencegah berbagai penyakit seperti gigi keropos.

PLUIT KAPUK - Sejak si kecil bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan dan minuman, bunda sebagai orangtua harus mulai khawatir akan kesehatan gigi anak. Sebab, kemungkinan besar aka nada sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Parahnya, jika tidak dibersihkan secara optimal akan memicu timbulnya gigi keropos dan berlubang. Lantas, bagaimana membiasakan buah hati untuk menggosok gigi secara rutin?

Berikut beberapa tips melatih anak untuk rutin menggosok gigi yang bunda bisa lakukan di rumah :

Biasakan Sejak Masih Kecil

Sebaiknya bunda membiasakan anak menggosok gigi sejak usia 2-3 tahun. Ini sejalan dengan pernyataan yang dilansir dari situs Colgate bahwa semakin dini nilai kebersihan ditanamkan maka semakin menempel pula pemahaman tersebut di benak buah hati.

Menggosok Gigi Bersama Si Kecil

Karena anak adalah peniru ulung. Sebagai orangtua, maka bunda harus mampu memberikan contoh baik dengan membiasakan diri menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur.

Ada baiknya, setiap kali Bunda akan menggosok gigi, ajak serta si kecil agar ia merasa ditemani. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengawasi apakah si kecil sudah menggosok gigi secara benar atau tidak, ya!

Ajak Anak Memilih Peralatan Sikat Gigi

Si kecil tentunya akan merasa senang jika dilibatkan untuk memilih sikat giginya sendiri. Maka dari itu, biarkanlah ia memilih sikat gigi yang disukainya berdasarkan gambar hewan atau karakter kartun favoritnya.

Puji Si Kecil Setelah Menggosok Gigi

Ternyata, bukan hanya orang dewasa yang merasa senang jika mendapatkan pujian. Tetapi juga anak-anak. Karenanya, setelah si kecil selesai menggosok gigi, pujilah ia sewajarnya. Jika perlu, berikan ia kecupan di kening sebagai bentuk apresiasi.

Ajak Anak Menggosok Gigi Dengan Cerita

Sebagian besar anak-anak sangat menyukasi cerita. Bunda, dapat memanfaatkan hal tersebut untuk melatihnya menggosok gigi sebelum tidur.

Caranya? Buatlah jalan cerita tentang jahatnya kuman-kuman di dalam mulut yang perlu dibasmi dengan menggunakan sikat dan pasta gigi. Jangan lupa untuk memasukkan karakter pahlawan kesukaan si kecil dalam cerita karangan. Cara ini efektif dalam membiasakan si kecil menggosok gigi.