Pluit kapuk > Kesehatan

Ini Bahanyanya Kelebihan Kafein Bagi Tubuh

Jumat, 01 Juni 2018 14:00 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Bahaya kelebihan kafein
Kopi adalah salah satu minuman yang mengandung kafein.
Foto : istimewa

Share this








Minum kopi jika sesuai dengan anjuran bisa bermanfaat bagi tubuh. namun jika berlebihan, kafein yang ada di kopi bisa mempengaruhi kesehatan tubuh.

PLUIT - Hampir semua orang tentu suka minum kopi. Namun, apa jadinya tubuh jika meminum kopi terlalu banyak. Terlepas dari jenis kopi yang diminum dan manfaatnya, kafein yang terkandung dalam kopi dapat mempengaruhi kesehatan.

Dikutip dari Dazzling News, mari kita cari tahu apa yang terjadi pada tubuh jika terlalu banyak minum kopi. Dengan begitu, Anda dapat mengurangu jumlah asupan kopi demi kesehatan. Berikut tanda-tandanya :

Jantung
Jika minum lebih banyak kopi daripada yang seharusnya Anda minum maka Anda mungkin memiliki masalah dengan jantung Anda. Beberapa gejala yang harus Anda waspadai di antaranya ialah pusing, pernapasan lebih cepat, denyut nadi lebih tinggi, dan perasaan tegang di dada Anda.
Minum terlalu banyak kafein terus menerus sangat merugikan terutama bagi orang yang mengalami penyakit jantung karena konsumsi kafein yang berlebihan, bahkan dapat menyebabkan serangan jantung.

Sistem pencernaan
Mungkin kopi memiliki manfaat untuk sistem pencernaan Anda. Tapi mengonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebih dapat menghasilkan asam tambahan pada sistem pencernaan Anda. Hal ini menimbulkan refluks dan membuat perut menjadi mulas, bahkan perut Anda menjadi lebih sakit.

Ginjal
Kopi memiliki sifat diuretik dan setiap orang yang meminumnya tahu tentang fakta ini. Namun, tidak semua orang tahu bahwa oksalat yang mengandung kopi dapat berkaitan dengan kalsium yang dapat memicu batu ginjal. Jika Anda tidak ingin berisiko demikian, karena minum kopi dalam jumlah berlebih, sebaiknya lebih sering minum air mineral untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Gigi
Jika Anda minum banyak kopi setiap hari jangan berharap gigi Anda akan putih dan cantik. Kecuali jika diminum dalam jumlah wajar dan tanpa tambahan lain. Tetapi jika Anda menambahnya dengan gula, madu ataupun krim, ini akan meningkatkan risiko pembusukan dan membuat gigi Anda terlihat kurang cantik.