Sabtu, 06 Oktober 2018 14:18:00
Editor : Wahyu AH | Sumber : dbs
Bentuk Perut Ibu Hamil Meruncing ke Depan Berarti Baby Girl?
Ilustrasi ibu hamil.
Foto : istimewa
 

JAKARTA – Mau tahu jenis kelamin calon baby? Lihat bentuk perut ibu hamil. Bila membulat ke samping, maka baby boy. Namun, bila meruncing ke depan, berarti baby girl.

Ya, sejatinya itu hanya sekadar tebak-tebakan saja atau mitos yang menyebar di masyarakat turun-temurun. Jenis kelamin adalah urusan Sang Pencipta.

Bentuk perut ketika hamil tergantung kepada bentuk tubuh. Jika ibu hamil bertubuh mungil, maka bentuk perut cenderung berbeda dengan bentuk perut ibu hamil yang berpostur tinggi atau besar.

Tidak hanya menyoal jenis kelamin, ada juga mitos yang melarang ibu hamil melihat gerhana bulan karena dapat mengakibatkan baby lahir dengan kondisi bibir sumbing atau berkulit belang.

Padahal, bibir sumbing terjadi karena adanya faktor genetik.

Lalu, mitos larangan ibu hamil berhubungan seksual. Mengutip dari alodokter.com, hubungan seksual tidak akan membahayakan bayi di dalam kandungan karena bayi terlindung oleh kantong ketuban, otot rahim yang kuat, serta lapisan lendir tebal di mulut rahim.

Orgasme juga tidak menyebabkan keguguran karena kontraksi otot pada saat orgasme berbeda dengan kontraksi ketika melahirkan. Anda tidak perlu khawatir selama kondisi kehamilan tidak ada kelainan.

Namun, tanyakan dahulu ke dokter bagi ibu yang berisiko keguguran, persalinan prematur, ataupun terjadi perdarahan dari vagina yang belum diketahui sebabnya. Kemungkinan dokter menganjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual.

Yang perlu diwaspadai adalah infeksi penyakit menular seksual. Jika ibu hamil terinfeksi penyakit tersebut,misalnya HIV, klamidia, kutil, atau herpes, maka besar kemungkinan bayi akan terinfeksi juga.

Mitos lainnya yang juga cukup lekat dengan ibu hamil adalah larangan memotong rambut.

Ada kepercayaan rambut merupakan lambang kehidupan manusia. Jika Anda memotong rambut, maka Anda memotong energi kehidupan Anda yang akibatnya Anda akan mudah terserang penyakit. Hal ini bisa dikaitkan jika Anda hamil dan memotong rambut, maka Anda dan bayi dalam kandungan Anda akan terganggu kesehatannya.

Padahal, memotong rambut tidak ada hubungannya dengan kesehatan. Tidak ada satupun dokter yang menyarankan bila ingin sehat, jangan memotong rambut.

Makanan, gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup adalah sejumlah hal yang mempengaruhi kesehatan.

 

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda