Rabu, 05 Desember 2018 11:53:00
Editor : Wahyu AH | Sumber : DBS
5 Cara Meredakan GERD
Ilustrasi
Foto : istimewa
 

Rasa sakit terbakar, kembung, dan ketidaknyamanan akibat asam lambung adalah beberapa ciri dari penyakit yang dikenal dengan nama Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD). Seperti yang telah dibahas pada edisi sebelumnya, bila diabaikan GERD dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan kerongkongan sehingga memicu ulkus, perdarahan, hingga kanker. Bahkan, pada kasus yang parah dapat berakibat infeksi batuk kronis, asma, sinus, serta infeksi tenggorokan dan paru-paru.

Bila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, ada lima cara sederhana untuk mengatasinya. Semua menggunakan bahan-bahan alami. Berikut caranya seperti yang dikutip dari Livestrong:

1. Baking soda

Baking soda dapat digunakan untuk meredakan ketidaknyamanan akibat kenaikan asam lambung. Buatlah minuman dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda yang dilarutkan dengan delapan ons air. Baking soda akan langsung mengurangi asam dalam perut, menetralkan, dan mencegah isi perut kembali ke kerongkongan. Minuman ini dapat dibuat sepanjang hari jika diperlukan, hingga dosis harian maksimum tiga sendok makan dalam satu hari.

2. Cuka sari apel

Campurkan satu hingga dua sendok teh cuka sari apel organik dengan delapan ons air dan minum. Cuka yang tinggi kalium akan membantu Anda untuk menetralkan asam lambung. Jika rasanya terlalu kuat, Anda dapat mengurangi kadar cuka sampai menjadi terbiasa.

3. Madu organik

Ambil satu hingga dua sendok teh mentah madu organik. Madu organik dapat berguna untuk meredakan ketidaknyamanan, menenangkan, dan cepat atasi sakit maag yang menyakitkan. Madu organik juga tinggi kalium, madu membantu meningkatkan pencernaan dan membentuk sebuah lapisan alkali di dalam perut. Campur madu dengan cuka sari apel untuk membuat minuman yang dapat mengurangi gejala refluks asam lambung secara langsung. Disarankan, Anda juga kerap mengonsumsi satu sendok madu sebelum tidur agar terhindar dari refluks asam lambung yang dapat mengganggu tidur Anda.

4. Apel merah

Mengonsumsi sepotong apel sangat baik ketika mengalami gejala-gejala GERD. Apel, khususnya jenis merah manis, dapat membantu untuk menciptakan lapisan basa dalam perut, mengurangi kecenderungan asam untuk kembali naik ke kerongkongan, dan menyebabkan nyeri. Apel juga baik pada waktu tidur untuk mencegah refluks asam lambung pada malam hari.

5. Akar licorice

Ambil akar licorice untuk memperbaiki gejala GERD yang menyakitkan. Akar licorice dalam bentuk teh tersedia di toko-toko obat. Akar ini akan membantu Anda meredakan ketidaknyamanan yang diakibatkan kenaikan asam lambung. Jika memiliki tekanan darah tinggi, maka berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan akar licorice, karena pada beberapa orang, licorice dapat meningkatkan tekanan darah. Seduhlah teh akar licorice dalam air panas, lalu minumlah secara perlahan.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda