Pluit kapuk > Kesehatan

4 Cara Cegah Hipertensi, Nomor 1 Jangan Merokok

Minggu, 09 September 2018 17:52 WIB
Editor : Wahyu AH | Sumber : DBS

Hipertensi
Hipertensi
Foto : istimewa

Share this








Hipertensi atau tekanan darah di atas normal dapat berakibat buruk terhadap penderita. Bisa memacu penyakit-penyakit seperti stroke dan jantung.

PLUIT KAPUK - Penyakit darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada saat pemeriksaan tensi darah dengan menggunakan pengukur tekanan darah, baik cuff air raksa (sphygmomanometer) atau alat digital lainnya.

Bila seseorang mengalami tekanan darah tinggi  atau diatas normal yakni 120/80 mmHG, maka  akan membawa si penderita ke dalam kasus-kasus serius seperti stroke dan serangan jantung (heart attack). Nah, sekarang bagaimana cara untuk mencegah terjadinya hipertensi pada diri Anda?

1.       Tidak Merokok

Merokok dapat merusak jantung dan sirkulasi darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2.       Berat Badan Ideal

Perawatan badan yang ideal untuk dewasa body mass index 20-25 kg/m2, yaitu makan yang diet seimbang dan aktif beraktivitas dapat melindungi dari penyakit hipertensi.Untuk orang over weight, sebaiknya menurunkan berat badan sekitar 5-10 persen berat badan untuk menurunkan tekanan darah.

3.       Aktif Beraktivitas

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbesar penurunan berat badan. Kondisi ini juga mengurangi risiko penyakit jantung. Orang yang latihan secara teratur memiliki risiko 50 persen lebih rendah meninggal akibat serangan jantung.

4.       Jauhi Konsumsi Alkohol

Minum alkohol berlebihan tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga menaikan berat badan Anda. Selain itu, mengonsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan resistensi pada terapi anti hipertensi dan berisiko terjadinya beberapa penyakit lain, seperti stroke dan jantung.

5.       Makan Sehat dan Diet

Diet dengan rendah lemak, termasuk makanan produk olahan dengan rendah lemak, buah dan sayur-sayuran, dapat menurunkan tekanan darah. 

 

Berita Terkait