Komuter > Transjakarta

Waktu Tempuh Transjakarta Koridor 13 Ditarget 30 Menit

Senin, 09 Januari 2017 14:44 WIB
Editor : Hanafie | Sumber : Liputan6.com

Ilustrasi - Transjakarta
Bus Transjakarta.

Share this





Transjakarta segera beroperasi di Koridor XIII (Ciledug - Tendean). Waktu tempuh dari halte awal – akhir dan sebaliknya ditarget 30 menit.

JAKARTA – Infrastruktur Transjakarta Koridor XIII jurusan Ciledug – Tendean nyaris rampung. Sebanyak 100 bus pun disiapkan untuk beroperasi di koridor ini. Untuk lebih menarik minat masyarakat agar naik angkutan umum, PT Transportasi Jakarta sebagai operator Transjakarta pun menargetkan waktu tempuh yang cukup singkat di koridor tersebut.

Mengutip Liputan6.com, waktu yang ditargetkan operator untuk Transjakarta yang berangkat dari halte Ciledug menuju Tendean adalah 30 menit. Target waktu ini juga berlaku untuk rute sebaliknya.

"Koridor XIII itu dibentuk memang untuk menghubungkan dari luar daerah ke dalam Jakarta. Jadi dari Ciledug itu bisa mencapai tengah Jakarta dalam tempo 30 menit," ucap Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono.

Koridor XIII dilengkapi dengan 12 halte bus. Dua di antaranya memiliki ketinggian hingga di atas 20 meter, yakni di CSW dan Cipulir. Kedua halte tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas eskalator dan lift untuk memudahkan penumpang. "Bagi difabel pihaknya telah menyiapkan fasilitas Transjakarta Care. Mereka bisa mengubungi call center 1500 102, kemudian akan dijemput dan diantar ke tempat tujuan," kata Budi.

Komuter > Transjakarta

JLNT Transjakarta Ciledug-Tendean Disiapkan 100 Armada

Rabu, 22 Februari 2017 10:52 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Koridor XII Ciledug-Tandean
Koridor XIII Ciledug – Tandean

Share this





Pada Juni 2017 direncanakan koridor XIII Tranjakarta rute Ciledug-Tandean beroperasi, untuk itu PT. Transjakarta telah menyiapkan 100 armada.

JAKARTA – PT. Transjakarta telah menyiapkan 100 armada untuk menunjang koridor Koridor XIII, Ciledug - Tendean.  Sebab, pengerjaan proyek Jalan Layang Non Tol (JLNT) sepanjang 9,4 kilometer ini ditargetkan rampung pada bulan Juni mendatang.

"Untuk tahap awal rencananya 100 unit bus melayani koridor XIII yang akan melayani rute Ciledug - Tendean nantinya," Ujar Wibowo, Humas PR Transjakarta, Rabu, (22/2/2017).

Menurut mantan wartawan Media Indonesia ini, proyek JLNT Transjakarta koridor XIII telah mencapai 99,6 persen. Setelah itu, akan diserahkan ke pihak Transjakarta kemudian dilakukan proses uji coba selama tiga bulan.

"Koridor tiga belas masih dalam tahap pengerjaan di Bina Marga. Setelah rampung akan diserahterimakan ke Transjakarta. Lalu dilakukan uji coba," lanjut Bowo.

Seperti diketahui, akan ada 12 Halte di Koridor ini yaitu  Halte Adam Malik, JORR, Swardharma, Cipulir, Seskoal, Pasar Kebayoran Lama, Velbak, Mayestik, CSW, Tirtayasa, Santa, dan Tendean. Sedangkan hanya akan ada 4 halte dipasangi Lift yakni Halte JORR, Pasar Kebayoran Lama, Velbak dan CSW, dan tiga halte yang akan dilengkapi eskalator yaitu halte Cipulir, Tirtayasa, dan halte CSW.

Komuter > Transjakarta

Jakarta Banjir, Operasional Transjakarta Terganggu

Selasa, 21 Februari 2017 10:51 WIB
Editor : Akbar Kemas | Reporter : Yatti Febriningsih

Tranjakarta Banjir
Sebuah Transjakarta terjebak di genangan banjir

Share this





Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak dini hari tadi menyebabkan lalu lintas lumpuh.

JAKARTA - Hujan deras mengguyur Ibu Kota sejak dini hari tadi, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejumlah ruas jalan tergenang mulai 30 cm hingga 60 cm.

Banjir ini juga berdampak pada kondisi lalu lintas kendaraan, termaksud Transjakarta. Akibatnya, operasional Transjakarta terganggu dan beberapa ada yang berhenti beroperasi sementara.

"Koridor 2 (Pulogadung - Harmoni) sementara berhenti beroperasi, karena tingginya genangan air di depan ITC Cempaka Mas," tulis akun twitter resmi Transjakarta, Selasa, (21/2).

Tidak hanya itu, perpendekan rute Transjakarta juga dilakukan imbas banjir pagi ini, seperti koridor 5 (Kampung Melayu-Ancol) yang pelayanannya hanya sampai halte Senen.

Lebih lanjut, pengalihan jalur juga terjadi pada rute Bekasi Barat-HI via halte Cawang UKI-BNN. Genangan air cukup tinggi menyebabkan rute ini dialihkan ke halte Cawang Ciliwung.

"Pelayanan koridor 10 dari Tj.Priok hanya sampai Penas Kalimalang karena adanya genangan air di terowongan Tol Jl. Sutoyo," kicaunya.

Humas PT Transjakarta, Wibowo, mengatakan akan terus memperbarui perkembangan informasi operasional Transjakarta. Khususnya perubahan rute dan operasional Transjakarta akibat banjir yang terjadi pagi ini.

"Rute lainnya seperti Blok M-Pesanggrahan juga stop beroperasi sementara. Untuk koridor lainnya akan terus kami pantau," tutup Wibowo.

Komuter > Transjakarta

Jalan Layang Khusus Transjakarta Sulitkan Penumpang

Kamis, 16 Februari 2017 15:00 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Yatti Febriningsih

Pengamat transportasi Darmaningtyas.
Pengamat transportasi Darmaningtyas.

Share this





Jalan layang tersebut justru akan mempersulit masyarakat untuk menggunakan moda transportasi Transjakarta.

JAKARTA - Pembangunan jalan layang khusus Transjakarta koridor 13 menjadi sorotan banyak pihak. Tidak terkecuali para pengamat transportasi yang mengikuti perkembangan pembangunan jalan layang tersebut.

Pengamat transportasi Darmaningtyas mengkritik keras pembangunan jalan layak yang menjadi jalur khusus Transjakarta Ciledug-Tendean itu. Dia memgganggap jalan layang tersebut justru akan mempersulit masyarakat untuk menggunakan moda transportasi Transjakarta.

"Jalan layang itu sebenarnya kurang bagus yah. Karena itu jadi susah diakses oleh kebanyakan masyarakat. Selain itu juga akan susah di jangkau meski nantinya akan memakai lift sekalipun," ujar Darmaningtyas kepada Infonitas.com, belum lama ini.

Selain itu, penyandang disabilitas juga akan kesulitan dalam menggunakan Transjakarta koridor 13. Oleh karena itu dia berharap agar berbagai moda transportasi bisa digunakan dengan mudah dan nyaman, serta tidak menyulitkan penumpang khususnya penyandang disabilitas.

"Misalnya lift yang ada di halte CSW. Berarti namanya itu kan belum ramah disabbilitas, karena kan berarti itu penumpang disabilitas hanya ada di halte tersebut, lalu bagaimana dengan penumpang di daerah lainnya yang  menggunakan kursi roda, setelah keluar dari sana dan ingin menggunakan angkutan lain masih akan kesulitan," katanya.

Seperti diketahui, jalur Transjakarta Koridor 13 ini akan terdapat 12 halte yakni Halte Adam Malik, JORR, Swardharma, Cipulir, Seskoal, Pasar Kebayoran Lama, Velbak, Mayestik, CSW, Tirtayasa, Santa, dan Tendean. Sedangkan hanya akan ada 4 halte dipasangi Lift yakni Halte JORR, Pasar Kebayoran Lama, Velbak dan CSW, dan tiga halte yang akan dilengkapi eskalator yaitu halte Cipulir, Tirtayasa, dan halte CSW.

Pembangunan jalan layang ini sudah hampir rampung dan sedang memasuki  tahap penyelesaian. Jalan layang ini diharapkan bisa mulai dioperasikan pada bulan April 2017 mendatang.

Komuter > Transjakarta

Hari Ini, Transjakarta Beroperasi Normal

Rabu, 15 Februari 2017 08:35 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Transjakarta
Ilustrasi Transjakarta

Share this





Pemungutan suara pada hari ini tidak mempengaruhi Transjakarta untuk tetap melayani para penumpang moda transportasi Jabodetabek tersebut.

 

JAKARTA – Meskipun, Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden No. 3 Tahun 2017 yang menetapkan tanggal 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional. Namun, Transjakarta sesuai prosedur tetap beroperasi disaat pesta demokrasi berlangsung pada hari ini.

“Akan melakukan pengawasan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan sesuai aturan yang berlaku," ujar Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Budi mengaku tetap menjamin pramudi ataupun petugas Transjakarta tetap melaksanakan hak pilihnya di wilayahnya masing-masing dengan melakukan penyesuaian jadwal. Sebab, pihaknya mendorong seluruh karyawan untuk menggunakan hak suara dalam memilih pimpinan daerahnya sebagai bentuk dukungan perwujudan demokrasi di Indonesia. Namun demikian, ia juga mengingatkan jajarannya agar pelayanan publik di sektor transportasi tetap harus berjalan.

Untuk diketahui, berdasar surat edaran yang dikeluarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) No. B/9/M.KT.02/2017 tanggal 10 Februari 2017 yang menyebutkan bahwa setiap pimpinan unit atau satuan kerja agar mengatur penugasan pegawai pada hari libur Pilkada 2017 sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Komuter > Transjakarta

Antara JR Connexion dan Transjakarta

Rabu, 15 Februari 2017 08:24 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Bus JR Connexion
Bus JR Connexion

Share this





Budi Karya Sumadi mengomentari persamaan dan perbedaan antara JR Connexion dan Transjakarta.

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bus Jabodetabek Residence (JR Connexion) secara fungsi serupa dengan bus Transjakarta. Sama-sama layanan transportasi massal.

Yang membedakan, JR Connexion merupakan angkutan pemukiman khusus untuk warga di kota penyangga menuju Ibu Kota.

“Standarnya juga beda. JR Connexion berada di luar trayek.  Namun, kenyamanan, fasilitas, dan ketepatan waktu yang ditawarkan sama," ujar Menhub Budi di Wilayah Mangga Dua, Jakarta, Selasa, (14/2/2017).

Budi berharap, keberadaan JR Connexion menjadi pilihan warga yang tinggal di kota-kota penyangga untuk beralih ke moda transportasi umum. “Kita tahu benar bagaimana kesulitan transportasi. Nah sekarang kita buat suatu kesamaan dan saya yakin ini akan semakin bagus,” tuturnya.

Bus JR Connexion berangkat dari beberapa pemukiman di kota penyangga, seperti Grand Wisata (Bekasi), Bintaro Jaya (Bintaro), Bumi Serpong Damai (Serpong), Zam-zam Park (Bogor), dan Kota Wisata (Cibubur).

“Saat ini, JR Connextion akan melayani 17 titik tuju. antara lain Pasar Baru, Plaza Gajah Mada, Ratu Plaza, Fx Senayan dan lainnya,” pungkasnya.

Komuter > Transjakarta

Keistimewaan TransJakarta Vintage

Selasa, 14 Februari 2017 13:32 WIB
Editor : Hanafie | Sumber : DBS

Transjakarta vintage
Inilah model baru Transjakarta vintage series.

Share this





Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meluncurkan Bus TransJakarta vintage, di Balai Kota. Sejumlah keistimewaan ini diperkenalkan.

BALAI KOTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meluncurkan Bus TransJakarta vintage, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/2/2107) pagi. Saat peluncuran, Ahok sempat berteriak-teriak kepada sang sopir, ‘Om telolet om!’

Pantauan Warta Kota, Ahok tiba di Balai Kota menumpangi Bus TransJakarta vintage berwarna putih biru, pukul 07.57. Ia menumpang dari Halte Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, dekat kediamannya di Pantai Mutiara.

Bus tersebut parkir di halaman Balai Kota. Ahok pun mengajak masuk para pewarta untuk melihat langsung ke dalam bus. Ahok menunjukkan kondisi bus dengan duduk di kursi.

“Ini enak lho kursinya empuk. Luas juga, aku yang tinggi saja lututnya masih bisa merasakan luas. Apalagi ada teloletnya juga lho ini. Coba, om telolet om!” teriak Ahok sambil mengacungkan tangan kirinya ke sopir yang berada di kursi kemudi.

Seketika, sopir langsung menekan tombol klakson. ‘telolet...telolet...telolet...’ Suara tersebut langsung disambut senyum semringah Ahok dan tawa para pewarta.

Karena penasaran, Ahok juga langsung duduk di kursi kemudi dan menekan tomblok klakson telolet. Beberapa kali ia menekan tombol telolet, sambil tertawa dan senyum semringah.

Ahok menyebut ada 10 bus vintage yang diluncurkan, dengan tema tahun 1980 dan 1990-an. Kapasitas bus sebanyak 75 penumpang.

“Enggak apa-apa kami kurangin kapasitasnya, yang penting nyampe. Nanti akan masuk sampai perumahan-perumahan. Jadi nanti pasti orang menghindar beli mobil. Ngapain beli mobil kalau naik bus enak. Kalau mau cepet mungkin panggil taksi online,” tutur Ahok, yang menyebut bus harga per unit bus itu Rp 1,8 miliar.

Tinggalkan Kendaraan Pribadi

Pemprov DKI Jakarta menerapkan standar operasional prosedur (SOP) terhadap bus Transjakarta versi vintage atau bus Transjakarta lawas. Saat ini, ada 12 unit bus vintage yang telah didatangkan dan siap beroperasi di koridor I, IV, VI, dan IX.

Ahok menjelaskan, Pemprov DKI melalui PT Transjakarta akan menambah bus Transjakarta vintage ramah penyandang disabilitas. Bus yang akan didatangkan berjenis lower decker yang bisa dimiringkan agar penyandang disabilitas dengan mudah mengakses bus Transjakarta.

Pemprov DKI juga akan mewajibkan semua bus Transjakarta vintage yang baru menggunakan sistem otomatis agar guncangan saat melaju bisa diredam. Begitu juga dengan shockbreaker yang harus menggunakan sistem suspensi udara. “Kalau kamu pakai kopling kan guncangan kencang. Jadi, semua mesti otomatis,” katanya.

Pemprov DKI juga menargetkan semua tempat duduk dilengkapi dengan sofa, bukan lagi tempat duduk seperti yang ditemui di bus Transjakarta reguler. Begitu juga dengan ruang kaki harus disesuaikan dengan penumpang yang bertubuh tinggi. Sebuah tombol darurat wajib diletakkan di sebelah kanan sopir. 

Komuter > Transjakarta

Koridor 6 Transjakarta Terdampak Sidang Ahok

Selasa, 07 Februari 2017 14:16 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Istimewa
Istimewa

Share this





Polisi melakukan penutupan Jalan Harsono, secara tidak langsung menutup juga akses ke Halte Transjakarta Departemen Pertanian dan Halte Ragunan.

JAKARTA – Operasional bus Transjakarta Koridor 6 rute Dukuh Atas 2-Ragunan, hari ini, kembali terdampak sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Sejak pagi tadi halte Deptan hingga halte Ragunan di jalur yang mengarah ke Ragunan sudah ditutup oleh jajaran kepolisian. Akibatnya, bus Transjakarta yang mengarah ke Ragunan hanya melayani sampai halte SMK 57," kata Bowo Humas PT Transjakarta, saat di konfirmasi, Selasa (7/2/2017).

Namun, penutupan kedua halte itu hanya sementara dan akan dibuka kembali setelah massa yang melakukan aksi penyampaian aspirasi di depan Departemen Pertanian sudah membubarkan diri. Dalam arti, suasananya sudah kondusif.

Berdasar pantauan infonitas.com, hingga pukul 14.13 WIB, polisi masih menutup Jalan Harsono, secara tidak langsung juga menutup akses ke Halte Deptan hingga Halte Ragunan. Belum tahu kapan jalan akan dibuka.

Komuter > Transjakarta

Operasional Transjakarta Koridor 6 Terganggu

Selasa, 07 Februari 2017 09:32 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS

Ilustrasi Transjakarta.
Ilustrasi Transjakarta.

Share this





Operasional bus Transjakarta terganggu akibat penutupan Jalan RM Harsono karena sedang berlangsung sidang Ahok di Gedung Kementerian Pertanian.

JAKARTA – Operasional Transjakarta koridor 6 terganggu akibat adanya sidang kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama, yang digelar di Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan. Akibatnya, bus Transjakarta yang menuju Kebun Binatang Ragunan mengalami perpendekan rute.

"Koridor 6 mengalami perpendekan rute, hanya sampai SMK 57. Setelah itu bus akan putar arah kembali ke Dukuh Atas," kata petugas call center PT. Transportasi Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Akibat perpendekan rute, bus Transjakarta tidak bisa melintas di dua halte lainnya, yakni Halte Kementerian Pertanian dan Halte Ragunan. Kebijakan ini mulai berlaku sejak Selasa (7/2/2017), pukul 03:00 WIB

"Perpendekan rute berlaku tergantung situasi di lapangan. Sampai selesai sidang di Kementerian Pertanian," ucapnya.

Akibat perpendekan rute, pengguna Transjakarta diimabu untuk menggunakan alternatif lain. Perpendekan rute dilakukan karena ditutupnya Jalan RN Harsono. 

Komuter > Transjakarta

Bisnis Transportasi Online Di Indonesia Makin Kondusif

Kamis, 02 Februari 2017 19:51 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Transportasi online
Ilustrasi Transportasi online

Share this





Bukti nyata perkembangan di bidang Transportasi online menunjukkan ke trafik positif.

JAKARTA - Investasi sebesar USD 700 juta atau setara Rp 9,3 Triliun oleh Grab Indonesia menjadi pembuktian iklim bisnis di Indonesia dalam keadaan kondusif. Sebab, uang triliunan rupiah yang digelontorkan oleh perusahaan berbasis jasa online dinilai bukan jumlah yang sedikit.

"Jumlah tujuh ratus juta dollar itu bukanlah jumlah yang sedikit. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi dan tentunya sangat berterimakasih untuk komitment Grab untuk negara ini," kata Thomas Lembong selalu Kepala BKPM di Jakarta, Kamis, (2/2/2017).

Lebih dari itu, Thomas juga melihat Master Plan 2020 Grab sebagai bukti nyata perkembangan Ekonomi terutama di bidang Transportasi online menunjukkan ke trafik positif. Dengan itu, ia sangat menyambut baik Investasi dati Grab ini dan berharap bisa lebih memajukan perkembangan Ekonomi di Indonesia kedepannya.

"Oleh karena itu, kami sangat mengambut baik perusahaan-perusahaan seperti Grab yang ingin berkontribusi untuk kemajuan ekonomi Indonesia dan menciptakan lapangan kerja serta memperkuat daya saing Indonesia di pasar Global," imbuhnya.

Komuter > Transjakarta

Begini Caranya Agar Terminal Pulogebang Beroperasi Optimal

Kamis, 02 Februari 2017 13:25 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS

Terminal Pulogebang
Terminal Pulogebang

Share this





Keberadaan terminal bayangan tidak mendidik warga untuk naik bus dari terminal. Akibatnya, banyak terminal resmi menjadi sepi penumpang.

JAKARTA – DPRD DKI Jakarta meminta bus feeder atau bus pengumpang Transjakarta yang beroperasi ke Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur. Pengadaan bus feeder ini harus diirngi dengan penertiban terminal bayangan di sejumlah lokasi.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Tubagus Arif mengatakan, langkah tersebut perlu dilakukan agar terminal Pulogebang sebagai terminal percontohan di Indonesia bisa beroperasi maksimal. "Memang seharusnya sudah terkoneksi feeder Transjakarta dari terminal lain ke Pulogebang," katanya, Kamis (2/2/2017).

Dia menilai, keberadaan terminal bayangan tidak mendidik warga untuk naik bus dari terminal. Akibatnya, banyak terminal resmi menjadi sepi penumpang. Seperti yang terjadi di Terminal Tanjung Priok.

Oleh karena itu, dirinya meminta agar Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta segera menertibakan terminal bayangan tanpa pandang bulu. “Terminal bayangan harus segera ditertibkan,” tegasnya.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengoperasikan 26 armada bus pengumpan Transjakarta untuk mengangkut pengguna jasa bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menuju Terminal Pulogebang. Feeder Transjakarta ini disiagakan di beberapa terminal resmi seperti Terminal Tanjung Priok dan Pinang Ranti.