Komuter > Transjakarta

Transjakarta Akan Siapkan Bus yang Bisa Angkut Sepeda

Rabu, 11 Oktober 2017 13:47 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono
Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono
Foto : istimewa

Share this








Transjakarta siap menyediakan bus yang bisa mengangkut sepeda. Namun, ini baru wacana. Belum tahu kapan terealisasi.

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berenana membuat fasilitas untuk mengangkut sepeda dalam bus. Ini sebagai tindak lanjut dari banyaknya permintaan masyarakat terhadap fasilitas tersebut.

"Kami tengah berupaya mengakomodir permintaan teman-teman komunitas pengguna sepeda. Kami, pelajari bus double decker, jadi bawahnya muat sepeda atasnya bisa diisi orang. Nah, kami sedang riset bus-bus yang ada, mungkin saja bisa dimanfaatkan," ujar Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono di Balaikota, Rabu (11/10/2017).

"Bikin rak sepeda di bawah yang lebih rapih dan kuat.  Kalau 60 orang kan cukup banyak di atas, bayangkan kalau bus ini lewat di kemacetan jalan tol. Tapi pengguna sepeda kan benci dengan kemacetan. Maka penumpang atau pelanggan yang diatas akan lihat lebih leluasa," lanjutnya.

Namun, Budi masih belum bisa memastikan kapan rencana ini terealisasi. “Ya, tunggu waktu lah. Kami lagi kerjasama dengan beberapa komunitas, bulan ini lagi melangsungkan beberapa pertemuan. Tapi, kita lihat lah, nanti kalau saya janji mundur ditagih terus," tukasnya.