Komuter > Transjakarta

Alasan Lain Dishub Tolak Perubahan Rute Transjakarta Ragunan-Monas

Rabu, 15 November 2017 14:51 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah
Foto : istimewa

Share this








Dishub menilai soal PSO juga menjadi alasan lain Dishub menolak perubahan rute Transjakarta Ragunan-Monas.

JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, dengan tegas menolak rencana perubahan rute bus Transjakarta Ragunan - Monas via Semanggi. Selain masalah penumpang, Publik Service Obligation (PSO) juga menjadi salah satu alasannya.

"Jadi trayek-trayek itu paling banyak berhimpitan dengan yang sudah mendapatkan PSO 20 persen. Inilah yang harus kita bahas kembali. Masa nanti kita di sini udah di kasih PSO, di sana kasih PSO lagi," ujar Kepala Dinas Perhubungan Andri Yansah di Gedung DPRD, DKI Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Sebab, nantinya setiap rute Transjakarta akan mendapatkan PSO. Bahkan, jika rute Ragunan - Monas via Semanggi ini efektif tidak perlu memodifikasi trayek kembali.

"Jadi, semua modifikasi trayek, yang jadi permasalahan. Bahwa, trayek-trayek ini akan kita berikan PSO? Betul kan. Jangan sampai PSO-nya double. Kan enggak boleh. Ini aja yang di efektifkan. Kenapa harus ada trayek lagi, kan begitu," tegasnya.

Terkait rencana perubahan rute, kata Andri, akan dikaji kembali bersama dengan pihak Transjakarta. Terutama, untuk menentukan bagaimana penjelasan rencana perubahan rute dari pihak Transjakarta kepada Dishub DKI Jakarta.

"Malah kita minta penjelasannya dari Transjakarta modifikasinya seperti apa dan bersinggungannya dengan rute eksisting seperti apa nanti kita arahkam gitu," tukasnya.