Komuter > Trans Luar Kota

Siap-Siap Macet di Jakarta Selatan

Senin, 09 Januari 2017 15:13 WIB
Editor : Hanafie | Sumber : Kompas.com

Bikin Macet, Pengendara Berharap Proyek Flyover Permata Hijau Segera Rampung
Proyek flyover Permata Hijau timbulkan kemacetan di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Foto :

Share this








Akan dibangun sejumlah simpang tak sebidang di wilayah Jakarta Selatan. Dishub Jaksel pun memperkirakan akan terjadi kemacetan akibat proyek tersebut.

JAKARTA – Di tahun 2017 ini, rencananya akan dibangun empat simpang tak sebidang di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel). Keempatnya adalah underpass Jalan Kartini, underpass Mampang Raya, flyover (FO) Bintaro, dan FO Pancoran.

Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi (Sudinhubtrans) Jaksel memperkirakan, akan terjadi kemacetan akibat dari pembangunan proyek tersebut. Maka itu, mereka berencana melakukan rekayasa lalu lintas agar hal tersebut bisa diminimalisir.

“Perlu banyak upaya rekayasa lalu lintas. Kemacetan tertinggi diperkirakan akan terjadi akibat dari pembangunan FO Pancoran dan underpass Mampang Raya. Soalnya, letak kedua proyek berdekatan dan masih berada di area yang sama. Terutama untuk FO Pancoran. Mungkin akan ada penutupan beberapa putar balik atau U-turn untuk bisa melancarkan arus lalin ketika pembangunan dimulai," ucap Christianto, Kasudinhubtrans Jaksel.

Mengutip Kompas.com, Christianto juga mengatakan bahwa selain penutupan titik putar balik, pihaknya juga mungkin akan untuk menutup pintu keluar tol (exit toll) Tebet. Sebab menurutnya, exit tol tersebut kini menjadi biang kemacetan di area Tebet hingga Pancoran.

Namun untuk melakukan hal ini, ia harus berkoordinasi terlebih dulu dengan PT Jasa Marga agar mendapat izin. "Perlu koordinasi dulu dengan Jasa Marga," cetusnya.