Komuter > Trans Luar Kota

Pembangunan Tol BORR Dilanjut

Senin, 09 Januari 2017 15:29 WIB
Editor : Hanafie | Reporter :

Pembangunan Tol BORR Seksi IIB
Dua alat berat berada di tengah Jalan Sholeh Iskandar. Keduanya disiapkan untuk pembangunan Tol BORR Seksi IIB.
Foto : Ivan Dipiadi

Share this





Tol sepanjang 2,6 kilometer ini akan membentang di atas ruas jalan Sholeh Iskandardinata. Tepatnya dari kawasan Kedung Badak hingga Simpang Yasmin.

BOGOR - Memasuki 2017, proyek Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) dilanjutkan. Pembangunan tol layang di atas Jalan Sholeh Iskandar (Sholis) ini memasuki Seksi IIB, atau ruas Kedung Badak – Simpang Yasmin. Protek tol sepanjang 2,6 kilometer ini rencananya dikerjakan selama 17 bulan, sehingga ditarget rampung pada pertengahan 2018.

Untuk melancarkan proyek tersebut, PT. Wika Tbk dan dan PT. Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku kontraktror dan pengelola Tol BORR menggelar rapat koordinasi (rakor), Jumat (30/12). Rakor yang digelar di Kantor PT. MSJ, Sentul Barat ini dihadiri Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Kepala DLLAJ Kota Bogor Rachmawati, staf dari beberapa dinas terkait dan BUMD Kota Bogor, serta perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Rakor dilaksanakan untuk lebih mematangkan rencana proyek pembangunan jalan tol BORR Seksi IIB, sekaligus untuk sosialisasi serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” jelas Hendro Armodjo, Direktur utama PT. MSJ

Dalam rakor tersebut, Hendro menjelaskan bahwa jenis konstruksi Tol BORR Seksi IIB ini eleveted (jalan layang), sama dengan ruas Seksi IIA yang saat ini telah beroperasi. "Total lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan Tol BORR Seksi IIB ini mencapai 16,74 hektar. Terdiri dari lahan milik Ditjen Bina Marga dan milik masyarakat," paparnya seraya menjelaskan bahwa untuk tahap awal, pihaknya telah melaksanakan pengukuran dan pembebasan lahan di sisi kanan dan kiri Jalan Sholis.

Menanggapi paparan Hendro, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mendukung penuh dan berharap proses pembangunan tol berjalan lancar. Pasalnya, pembangunan tol tersebut sesuai dengan program transportasi yang menjadi prioritas Pemerintah Kota Bogor. “Dengan adanya Tol BORR Seksi IIB, diharapkan kepadatan lalu-lintas di Jalan Soleh Iskandar dapat terurai. Sehingga, kemacetan yang kerap terjadi di kawasan ini dapat teratasi,” katanya.