Komuter > Trans Luar Kota

Langkah Antisipasi Macet Long Weekend di Tol Jakarta-Cikampek

Jumat, 21 April 2017 19:24 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Nurul Julaikah

 Ilustrasi kemacetan di Tol Jakarta – Cikampek
Ilustrasi kemacetan di Tol Jakarta – Cikampek
Foto : istimewa

Share this





Antisipasi macet long weekend di Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga akan menempatkan personel di setiap ruas jalan tol.

BEKASI – Antisipasi kemacetan saat libur panjang Isra Miraj 2017, operator Tol Jakarta –Cikampek akan menyiagakan personel pada sejumlah ruas jalan bebas hambatan. Penempatan sejumlah personel ini untuk berkoordinasi dan memberikan informasi lalu lintas kepada pihak terkait.

Adapun personel yang ditempatkan di antaranya Polisi Jalan Raya (PJR), petugas derek,  dan petugas rambu.

"Kami akan melakukan manajemen lalu lintas pada Simpang Susun Cikunir atau yang disebut C3 dari arah Cakung, Cikunir dan Cawang menuju Cikampek, Cipali  dan Bandung bilamana kepadatan terjadi," kata Humas Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek Icksan Kartika di Bekasi, Jumat (21/4/2017).

Nantinya, pada lokasi Tempat Istirahat Pelayanan (TIP), kata dia, petugas jalan tol  melakukan rekayasa  lalul intas buka dan tutup di KM19+200, KM33+400, KM39+500 dan KM57+400.

"Bilamana tempat istirahat penuh, maka penguna jalan tol dapat mengunakan TIP berikutnya yakini pada KM19+200, 33+400, 39+500, dan 57+400 dari arah Jakarta menuju Cikampek,” ucapnya.

Baca juga : Jukir Tuna Rungu Sukses Antarkan Anak Hingga Kuliah

Selain itu, penundaan pekerjaan pada sejumlah titik yang berpotensi mengganggu jalur. Pekerjaan lebih difokuskan di dalam area pagar proyek atau di luar badan jalan tol.

Ia mengatakan, proyeksi peningkatan volume kendaraan mencapai 7 persen dari situasi normal, Jumat. Prediksi puncak arus mudik terjadi pada hari ini yaitu sebesar 93.543 kendaraan atau naik sebesar 7 persen dari volume lalu lintas normal sebanyak 87.205 kendaraan.

Prediksi kemacetan itu berdasarkan pelayanan transaksi di 13 Gardu Tol Masuk Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi.