Komuter > Trans Luar Kota

Kantong Parkir Truk Akan Disiapkan di Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Kamis, 05 Oktober 2017 16:00 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

BPTJ
Rapat koordinasi di kantor BPTJ di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Kamis (5/10/2017).
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Truk angkutan barang khususnya golongan empat dan lima dilarang melintas pada pukul 06.00-09.00 WIB.

JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menyiapkan kantong parkir di beberapa titik ruas tol. Ini sebagai tindak lanjut dari wacana pengaturan perjalanan angkutan barang di ruas tol Jakarta-Cikampek.

"Jadi, di area kurang lebih 300 meter sebelum masuk pintu tol atau area sekiranya angkutan barang dapat memutar haluan untuk parkir sementara, kami akan memasang spanduk imbauan,” ujar Kepala BPTJ, Bambang Prihartono di kantor BPTJ di Jl. MT Haryono, Jakarta Selatan, Kamis (5/10)2017).

Bambang mengatakan pelarangan belaku mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Alhasil, truk-truk angkutan barang khususnya golongan empat dan lima dilarang melintas pada jam-jam tersebut.

"Terutama truk-truk yang memenuhi jalan tol adalah antar kawasan tidak boleh keluar dari kawasan sebelum jam 09.00 Wib. Kantong-kantong itu tidak menjadi signifikan, mereka masih bisa menggunakan rest area," lanjutnya.

Kendati begitu, Bambang mengatakan bagi truk yang sudah berada di dalam tol di jam tersebut akan diberikan keringanan. "Angkutan barang dari area non industri dan angkutan barang dari arah Cikampek (luar tol) dilarang masuk tol dan parkir sementara di tepi jalan. Sementara, angkutan barang yang sudah berada di dalam tol diperbolehkan jalan terus," imbuhnya.

Untuk diketahui, pengaturan ini mulai dari Gerbang tol Kalihurup hingga Bekasi Barat. Rencananya BPTJ akan mulai melakukan ujicoba pada 16 Oktober mendatang.