Komuter > Trans Luar Kota

Jasa Marga Siapkan Kartu Elektronik untuk Transaksi Non Tunai

Jumat, 08 September 2017 18:34 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi - Transaksi e-Toll
Gerbang tol Karang Tengah dihapus supaya sistem transaksi terintegrasi baru dapat diterapkan.
Foto : istimewa

Share this








Nantinya petugas akan membantu pengguna jalan tol untuk membeli kartu elektronik di gerbang Tol.

JAKARTA - Untuk menghindari kekacauan saat penerapan transaksi Non Tunai, PT Jasa Marga dan pihak terkait sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi. Salah satunya adalah memastikan kesediaan tiket elektronik bagi pengguna jalan tol.

"Kita berulang kali rapat dengan bank Bank Indonesia (BI). Kita minta untuk keterasediaan kartu itu harus betul-betul ada," ujar Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna dalam diskusi pelaksanaan kebijakan transaski non tunai bagi pengguna jalan tol, di kantor pusat Jasa Marga di Jakarta Timur, Jumat (8/9/2017).

Herry melanjutkan, nantinya petugas akan membantu pengguna jalan tol untuk membeli kartu elektronik di gerbang Tol. Selain itu, kedepannya pembayaran kartu elektronik bisa terintegrasi dengan semua bank yang ada Indonesia.

"Nanti badan usaha akan membantu untuk menjual di gerbang tol. Nanti akan kita siapkan juga untuk yang intergrasi untuk bisa semua kartu. Pokoknya kita cari yang mudah," lanjutnya.

Dia memastikan, semua infrastuktur untuk kebutujan transaksi non tunai sudah siap. Program ini hanya tinggal eksekusi dan pengertian masyarakat untuk merubah mindset mereka.

"Semua infrastukturnya sudah siap, tinggal bagaimana kita mengubah mindset dan keinginan masyarakat untuk beralih. Tanggal 31 Oktober (Mulai berlaku seluruh transaksi nontunai) itu bisa 100 persen," imbuhnya.