Komuter > MRT

MRT Fase II Tidak Bisa Dibangun Sampai Kampung Bandan

Jumat, 08 September 2017 17:14 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Chandra Purnama

Ilustrasi pengerjaan MRT.
Ilustrasi pengerjaan MRT.
Foto : istimewa

Share this








Proyek MRT Fase II semua pengerjaannya akan dilakukan dengan jalur bawah tanah.

JAKARTA - Pembangunan Mass Rappid Transit (MRT) Fase II (Bundaran HI - Kampung Bandan) tampaknya akan mengalami kendala. Pembangunan MRT Fase II diperkirakan belum bisa dilaksanakan hingga ke Kampung Bandan.

"Persetujuan traset untuk MRT dari Bundaran HI ke Kota, kalau dari kota ke kampung bandan itu trase indikatif. Jadi ada trase yang sudah definitif dari Bundaran HI ke kota dan trase indikatif dari Kota ke Kampung Bandan," ujar Ketua Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Tuty Kusumawati di Balai Kota, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Dia melanjutkan, anggaran untuk pembangunan MRT sepanjang 8.3 KM tersebut sudah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Tidak hanya dana Fase II, Tuty mengatakan semua dana sudah disetuji DPRD termaksuk dana tambahan untuk pembangunan MRT Fase I (Bundaran HI - Lebak Bulus)

"Alhamdulillah persetujuan DPRD sudah kita dapatkan. Yang Rp 22,5 Triliun untuk fase dua dan Rp 2,5 triliun untuk biaya tambahan Fase I, jadi totalnya Rp 25 triliun. Semua sudah dapatkan," bebernya.

Lebih lanjut, meskipun pembangunan belum bisa dilakukan hingga area Depo, Kampung Bandan, Tuty menegaskan pembangunan Fase II ini akan segera dikerjakan. Pengerjaan Fase II semua pengerjaannya akan dilakukan dengan jalur bawah tanah (Underground section).

"Konstruksinya itu kalau semuanya lancar ya, itu direncanankan akhir tahun 2018. Sekarang kita lagi urus loannya untuk Fase II," imbuhnya.