Komuter > Kereta Api

Soal Kereta, Ini Keluhan Penumpang ke Menteri BUMN

Senin, 02 Oktober 2017 17:17 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Yatti Febriningsih

Menteri BUMN, Rini Sumarno saat berada di gerbong KRL
Menteri BUMN, Rini Sumarno saat berada di gerbong KRL
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Para penumpang kereta mengungkapkan keluhannya kepada Menteri BUMN, Rini Sumarno, terkait penuhnya kondisi gerbong.

JAKARTA  -  Menteri BUMN, Rini Sumarno dan Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mendapat keluhan penumpang Kereta Rel Listrik (KRL). Keluhan ini mereka dapatkan saat menaiki KRL dari Stasiun Pondok Cina menuju stasiun Juanda.

Dalam perjalannya, Rini menanyakan kepada penumpang terkait apa saja keluhan mereka terhadap KRL. Diantara penumpang mengeluh terkait kondisi kereta api yang terasa masih belum dingin.

“Ada yang ngeluh soal AC-nya masih panas tuh pak,” ujar Rini kepada Edi di dalam Kereta.

Tidak hanya itu, banyak juga penumpang yang mengeluh soal kepadatan kereta di jam-jam tertentu. Edi sendiri tidak memungkiri soal jumlah angka penumpang kereta api yang terus bertambah setiap tahunnya.

“Kepadatan kalau pagi sama malam itu kita bantu tambahin tapi ya penuh lagi. Dua tahun lalu hanya 500 ribu sekarang sudah 1 juta penumpang. Jadi kepadatannya terutama penumpang yang wanita ada penambahan. Terus, ada yang bilang kalau saya bisa keluar tapi tas saya nggak bisa keluar, sudah kejepit,” kata Edi.

Terkait keluhan ini, Edi mengaku akan mencarikan solusi agar bisa mengurangi kepadatan di dalam gerbong. Namun, ketika ditanya untuk penambahan gerbong wanita, Edi belum bisa memberikan jawaban pasti soal gerbong wanita yang saat ini hanya memiliki dua gerbong khusus.

“Udah ah, kita lihatlah nanti , saya dengar gerbong wanita juga penuh, apalagi kalau jam sibuk itu ada kendalanya terlalu padat,” tukasnya.