Komuter > Kereta Api

PT KAI Siap Ganti 1.000 Kereta yang Sudah Tua

Senin, 02 Oktober 2017 18:04 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi kereta api.
Ilustrasi kereta api.
Foto : istimewa

Share this








PT KAI siap mengganti 1.000 kereta yang sudah tua secara bertahap dalam dua hingga tiga tahun mendatang.

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia siap melakukan peremajaan pada kereta-kereta yang sudah memiliki usia tua. Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro menyebut akan mengganti sebanyak 1.000 kereta secara bertahap.

“Ada dua yang kita programkan . Yang pertama  mengganti atau meremajakan kereta-kereta yang sudah tua, usianya 51 persen itu 30 tahun sampai  50 tahun.  Kita sama INKA sama seluruh BUMN berpesan kita akan ganti 1000 kereta, dalam dua tiga tahun ini,” ujarnya di Stasiun Pondok Cina, Jakarta, Senin (2/10/2017).

Tidak hanya menganti kereta lama, Edi juga berencana untuk mendatangkan kereta baru. Dikatakan Edi, Ia sudah memesan sebanyak 430 kereta yang siap melayani masyarakat.

“Sedang dihitung, kalau bisa beli baru kenapa nggak. Nah kemarin sudah saya tandatangani, mesen 430an kereta baru,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Edi menyebut, jika Kereta Rel Listrik (KRL) sendiri sudah terus membeli kereta setiap tahunnya. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut melihat semakin tingginya angka penumpang KRL.

“Untuk yang jarak pendeknya atau lokalan kereta komuter indonesia ini  kan tiap tahun membeli kereta, kemarin ini 120 tahun ini 70 sudah datang  semua. Itu untuk menambah convience atau kemapuan daya angkut yang sekarang ini udah mencapai angka satu juta penumpag,” pungkasnya.