Komuter > Kereta Api

Ragam Soal Infrastruktur Transportasi

Penutupan Perlintasan Kereta Api Sebidang di Jakarta Molor Dari Target

Senin, 23 Oktober 2017 15:28 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Perlintasan Sebidang
Ilustrasi perlintasan sebidang kereta.
Foto : istimewa

Share this








Terhambatanya penutupan perlintasan kereta api sebidang di Jakarta lantaran belum menemukan jalur alternatif.

JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memastikan rencana penutupan perlintasan sebidang molor dari target. Dimana penutupan sebanyak 19 perlintasan tidak bisa terealisasi hingga akhir tahun ini.

Kepala Dishub, Andriyansah menyebutkan terhambatanya penutupan ini lantaran belum menemukan jalur alternatif. Sejauh ini, dikatakan Andri yang sudah diberlakukan penutupan ialah yang sudah memilki jalur alternatif.

"Jadi begini, perlintasan sebidang bisa dilakukan (ditutup) apabila ada jalan alternatif. Kalo nggak jalan alternatif ya nggak mungkin kita tutup kasian warga dong. Gak semua underpass atau flyover atau jalan sebidang ada jalan alternatifnya. Yang diutamakan apabila ada flyover atau underpass dan ada jalan alternatif untuk masyarakat yang lain termasuk dengan angkutan umum," ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakan Andri dari 19 perlintasan sejauh ini sudah ada 10 perlintasan yang ditutup. Dan lima yang sudah di berlakukan dikatakan Andri sangat efektif untuk mengurai kemacetan Ibukota khususnya di kawasan perlintasan sebidang.

"Sudah ada 10 yang kita tutup. Lima sudah terlealisasi seperti Karet, Pejompongan 2, Kalibata, Pramuka, Pisangan dan itu efektif. Sedangkan lima lagi masih akan di evaluasi," katanya.

Saat dikonfirmasi Infonitas.com, Humas Ditjen Kereta Api Kementrian perhubungan, Joeys membenarkan keterlambatan tersebut. Namun, penutupan ini dikatakan Joys akan terus berlangsung secara bertahap.

"Benar (telambat). Kita kan melakukannya secara bertahap, tidak serta merta," tukasnya.