Komuter > Kereta Api

Ke Rangkasbitung, Bisa naik Commuter Line Dari Tanah Abang

Jumat, 06 Januari 2017 16:08 WIB
Editor : Hanafie | Sumber : Detik.com

Ilustrasi KRL
Ilustrasi KRL.
Foto : istimewa

Share this





Di awal 2017 ini, PT KAI akan mengoperasikan KRL Tanah Abang – Rangkasbitung.

JAKARTA – Sebentar lagi, penumpang kereta rel listrik (KRL) Commuter Line dari Jakarta yang akan menuju Rangkasbitung, Banten, tidak perlu lagi transit di Stasiun Maja untuk ganti kereta. Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan KRL Commuter Line Tanah Abang – Rangkasbitung.

Mengutip Detik.com, aktivasi rute ini merupakan perpanjangan dari operasi KRL Maja - Rangkasbitung yang sudah ada saat ini. "Bulan ini atau Januari sudah bisa beroperasi, karena kesiapan sudah, belum uji coba, tapi pemasangan listrik aliran atas sudah selesai," kata VP Corporate Communications PT KAI Agus Komarudin.

Adanya KRL Tanah Abang – Rangkasbitung tentunya juga tidak hanya memudahkan penumpang kereta asalah Jakrta, tapi juga sebaliknya yang dari Banten menuju Ibu Kota. Memang sebelumnya sudah ada kereta, tapi kereta lokal. Dengan adanya KRL penumpang bisa lebih nyaman dan jarak tempuh bisa lebih cepat.

"Saya belum bisa pastikan tanggal mulai operasinya. Yang pasti, Januari ini sudah mulai diaktifkan," imbuh Agus.

Sebagai informasi, pengoperasian rute KRL Tanah Abang-Rangkasbitung ini tertuang dalam GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2017 yang disepakati PT KAI dan Kementerian Perhubungan. Dalam GAPEKA ini, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan mengoperasikan Serpong Line dari Tanah Abang hingga Rangkasbitung sebanyak 179 perjalanan.