Komuter > Kereta Api

Ini Dua Sumber Pendapatan Terbesar PT KAI

Senin, 02 Oktober 2017 18:31 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Kereta Api
Ilustrasi Kereta Api
Foto : istimewa

Share this








Dirut PT KAI, Edi Sukmoro mengungkapkan dua sumber pendapatan terbesar yaitu angkutan orang dan barang.

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengungkap sumber pendapatan terbesarnya. Dimana pendapatan PT KAI pada tahun 2017 ini dilaporkan mencapai angka Rp 16 – 17 Triliun. 

“Tahun ini pendapatan PT KAI mencapai angka Rp  16 - 17 Triliun. Pendapatan itu dibagi tiga yaitu pendapatan penumpang, angkutan barang, sama non angkutan,” ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, di Stasiun Pondok Cina, Jakarta, Senin (2/10/2017). 

Edi mengatakan, pendapatan terbesar pada PT KAI disokong oleh angkutan orang  dibanding dua angkutan lainnya. Meski begitu, kedepannya Edi berharap agar pendapatan terbesar ini bisa disokong oleh pendapatan barang dibanding penumpang. 

“Penumpang sama barang itu adalah penumpang yang paling besar. Kurang lebihnya penumpang itu bisa 52 persen. Imbanglah sama barang. Tapi, kedepannya barang itu harus lebih besar yah. Tujuannya untuk menghindari jalan-jalan. Pertama kan kalau kontainer lewat jalan kan bikin macet, belum lagi bikin rusak jalan,” jelasnya. 

Hal ini ditunjukkan Edi agar bisa memberikan nilai tambah pada jalan darat lainnya seperti jalan raya. Karena jika angkutan barang meningkat, ini bisa mengurangi beban yang biasanya ditampug oleh jalan raya. 

“Nah, kalau bisa dinaikkan kereta jalan-jalan awet, kecelakaan juga berkurang yah belum lagi kepastian waktu tibanya itu juga lebih baik. Tujuannya kedepannya angkutan barang itu lebih tinggi dari pada penumpang,” imbuhnya.