Komuter > Kereta Api

1 Rute Commuter Line Jabodetabek Bakal Dihapus

Selasa, 10 Januari 2017 15:23 WIB
Editor : Hanafie | Sumber : Liputan6.com

Commuter Line
Commuter Line
Foto : istimewa

Share this








Penghapusan rute ini sudah masuk dalam SK‎ Dirjen Perkeretaapian No.KA 407/SK.332/DJKA/12/16 tanggal 29 Desember 2016.

JAKARTA – Pada pertengahan 2017 ini, Kementerian Perhubungan akan menghapus satu rute KRL Commuter Line Jabodetabek. Rute tersebut adalah Mangarai – Duri. Selain itu, mereka juga akan menghapus dua KA dari daftar kereta jarak jauh yang ada saat ini.

Mengutip Liputan6.com, penghapusan rute KRL Jabodetabek ini terkait dengan akan dioperasikannya KA Commuter Bandara Soekarno-Hatta. Penghapusan yang telah masuk dalam Surat Keputusan (SK)‎ Dirjen Perkeretaapian No.KA 407/SK.332/DJKA/12/16 tanggal 29 Desember 2016 ini dijadwalkan berlangsung pada pertengahan 2017, sesuai dengan pengoperasikan KA Bandara Soetta.

Tak hanya penghapusan rute KRL Jabodetabek, dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2017, dijelaskan juga bahwa Dirjen Perkeretaapian akan menghapus dua kereta jarak jauh tahun ini. KA tersebut KA Tegal Arum relasi Tegal – Pasar Senen (Ekonomi Jarak Menengah) dan KA Sarangan relasi Surabaya Gubeng – Madiun (Bisnis).

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan menghapus KA Cepu Express relasi Surabaya Turi – Cepu – Semarang Poncol (Lokal), KA Arjuna relasi Surabaya Kota – Madiun dan KA Madiun Jaya relasi Madiun - Yogyakarta.

“Kami harap GAPEKA ini berjalan dengan baik dan lancar sehingga masyarakat pengguna moda kereta api dapat merasakan kenyamanan yang sesungguhnya dengan adanya KA Bandara yang terkoneksi dengan Commuter Line Jabodetabek,” ucap Dirjen Perekeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono.